Tips Jitu Mengusir Serangga Di rumah


Semprotan pembunuh serangga memang efektif untuk mengusir serangga yang mampir ke rumah. Namun, bahan kimia yang terkandung dalam semprotan tak hanya membahayakan bagi serangga-serangga tersebut, juga diri kita sendiri.

Agar aman bagi kita, sekaligus efektif mengenyahkan serangga supaya tak balik-balik lagi, coba lirik bahan-bahan yang tersimpan di dapur. Beberapa bumbu, rempah, juga buah yang ada di dapur bisa digunakan untuk mengusir serangga, lho!


Tips Jitu Mengusir Serangga Di rumah



Penyebab Serangga Masuk Dalam Rumah

Serangga adalah salah satu jenis hewan yang paling banyak keberadaannya. Hewan pengerat adalah sejenis omnivora yang memakan segalanya, makanan sisa, makanan hewan, serangga dan juga perabotan rumah. Beberapa diantaranya yang dianggap sebagai pengganggu adalah tikus, lalat, kecoak, nyamuk, semut dan lain sebagainya. Ada banyak jenis atraktan yang dapat menarik perhatian serangga untuk mendekat disekitar kita, yakni sebagai berikut.


Kerusakan lingkungan yang terjadi disekitar pinggiran hutan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa lingkungan hutan yang rusak dapat mengundang beberapa serangga yang sedang kelaparan untuk memasuku pemukiman warga. Oleh karena itu, jagalah kelestarian pohon agar hutan tetap menyediakan makana bagi semua makhluk hidup disana.

Hilangnya sumber nutrisi akibat gangguan rantai makanan.

Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa jika memunahkan salah satu jenis serangga di lingkungan tempat tinggal anda maka predator hewan tersebut (yang telah dieliminasi) akan kehilangan sumber makanan sedangkan mangsanya (yang telah dieliminasi) akan meningkat populasinya. Pada akhirnya sang predator akan merambah nutrisi dari makanan yang terdapat di rumah sedangkan mangsanya akan menjadi hama yang tidak enak dipandang.

Lingkungan rumah yang tidak bersih dan tidak tertata rapi.

Anda perlu menyediakan waktu luang setidaknya dua kali sehari untuk membersihkan tempat tinggal. Jangan menunda sampai besok karena hewan kecil ini sangat menyukai tempat yang tidak bersih dan berdebu.

Pakaian kotor yang tidak kunjung dicuci.

Biasanya pakaian yang kotor menghasilkan bau keringat yang biasanya kaya dengan bahan organik yang menarik perhatian serangga pengganggu. Pakaian yang kami maksud disini bisa saja gorden, taplak meja, lap meja, sprei, bantal, baju, celana, baju dalam dan lain sebagainya.

Ruang makan dan peralatan makan yang tidak segera dibersihkan.

Pada saat anda dan keluar tercinta selesai makan maka sebaiknya jangan menunda untuk melap dan membersihkah meja dari remeh-remeh makanan. Tidak lupa juga untuk menyapu lantai meja makan agar makanan sisa yang berjatuhan disana tidak mengundang hewan kecil pengganggu. Demikian juga dengan peralatan makan yang telah selesai digunakan, alangkah baiknya jika langsung dicuci atau setidak-tidaknya jangan tunggu sampai besok.

Rumah yang terbuka di malam hari.

Ada banyak jenis serangga yang aktif secara nokturnal (di malam hari). Jika pintu-pintu dan jendela masih dalam keadaan terbuka maka ada kemungkinan serangga nokturnal ini akan masuk ke dalam rumah anda. Oleh karena itu penting bagi anda untuk menutup sebagian besar jalur akses menuju rumah ketika malam telah tiba.

Sedang menggunakan wewangian tertentu.

Serangga lebih banyak menggunakan hidungnya untuk melihat dibandingkan dengan matanya. Mereka akan sangat tertarik dengan bau-bau tertentu. Jika anda menggunakan parfum atau wewangian maka ada kemungkinan bila hal itu akan menjadi atraktan bagi mereka untuk bertandang dan memasuki rumah.

Memang lagi musimnya.

Ada hewan yang memiliki musim tertentu untuk keluar dari sarangnya lalu beterbarangan menuju pemukiman tepatnya berputar-putar di bawah lampu sewaktu malam tiba. Laron memiliki musimnya sendiri untuk bergerombol dan masuk ke dalam rumah Oleh karena itu maklumilah hal tersebut.


1. Cara Membasmi Kecoa 

Tips Jitu Mengusir Serangga Di rumah


  • Haluskan merica butir
  • Tempatkan dalam kain kasa
  • Ikat dengan karet gelang dan buat beberapa buah
  • Letakkan di tempat-tempat yang menjadi sarang atau tempat lalu-lintas kecoa.


2. Cara Membasmi Nyamuk 

  • Sekarang mulai banyak dijual sari pati serai atau biasa disebut minyak serai.
  • Gunakan minyak serai sebagai pengusir nyamuk.
  • Caranya, teteskan sekitar 10 tetes minyak serai ke dalam 1 liter air untuk ngepel lantai.
  • Aroma serai akan mengusir nyamuk.
  • Lakukan secara teratur setiap hari agar nyamuk tidak berani mendekat.


3. Cara Membasmi Semut 

  • Gunakan perasan air jeruk nipis untuk menghilangan semut.
  • Caranya, peras jeruk nipis dan campur airnya ke dalam 50cc air.
  • Celupkan kain lap, dan gunakan kain itu untuk membersihkan tempat berkumpulnya semut atau jalur yang biasa dilewati semut.


4. Cara Membasmi Tikus 

  • Gunakan buah mengkudu yang sudah masak.
  • Kenakan sarung tangan, lalu potong-potong buah tersebut.
  • Sarung tangan diperlukan untuk menghindari getah buah mengkudu, sebab jika terkena tangan getahnya dapat menimbulkan rasa gatal.
  • Letakkan potongan buah di dalam beberapa wadah lalu tempatkan wadah-wadah tersebut di sudut-sudut yang sering dilalui tikus atau pada tempat-tempat di mana tikus bersarang.
  • Bau buah mengkudu akan membuat tikus kabur dan kapok datang lagi.


5. Cara Membasmi Lalat 

Serangga yang satu ini bisa diusir dengan daun mint, daun basil, daun rosemary, atau cengkeh. Meski bisa didapatkan di beberapa supermarket besar di Indonesia, namun tak mudah untuk memperoleh 3 rempah dedaunan tersebut. Lebih gampangnya, bisa menggunakan cengkeh saja yang pasti bisa dengan mudah dibeli di tempat perbelanjaan tradsional maupun modern. Lalat juga alergi dengan rempah berbau harum ini.

6. Cara Membasmi Ngengat

Tips Jitu Mengusir Serangga Di rumah


Jika tak ingin baju-baju yang tersimpan dalam lemari rusak dimakan serangga kecil itu, gunakan cengkeh untuk mengusirnya. Satukan dalam kantong dengan lavender,daun mint, rosemary, dan kayu manis dan gantung dalam lemari. Aroma wanginya akan membuat ngengat menyingkir jauh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Jitu Mengusir Serangga Di rumah"

Post a Comment