Tips Praktis Mencegah Munculnya Jerawat




Cara mencegah jerawat sangat penting, seperti penyakit lainnya, mencegah lebih baik dari pada mengobati, karena memang jerawat adalah musuh serius bagi kulit wajah. Tahukah Anda bagaimana cara mencegah jerawat? Jerawat memang dapat datang kapan saja namun yang terpenting adalah Anda mengetahui mengenai cara mencegahnya. Hal ini sangat penting dilakukan karena agar dapat secepatnya menghilangkan jerawat yang timbul. Namun sebelum kita membahas mengenai cara mencegah jerawat sebaiknya ketahui dahulu alasan jerawat dapat hinggap diwajah cantik Anda

Tips Praktis Mencegah Munculnya Jerawat


Faktor Penyebab Jerawat

Jerawat dapat hinggap diwajah karena beberapa faktor. Beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat misalnya saja kulit yang berminyak, penyumbatan kotoran wajah pada pori-pori wajah karena make up tebal dan tidak segera dibersihkan hingga tertidur, jenis make up yang tidak cocok dan masih banyak lagi lainnya. Untuk menjaga semua itu diperlukan cara mencegah jerawat yang ampuh dan berikut ini akan disebutkan sebanyak tujuh belas  cara ampuh untuk itu simak dengan baik dan lakukan. Semoga wajah Anda senantiasa terlindungi dari jerawat yang akan datang ke wajah.


Cara Mencegah Jerawat


1. Membersihkan wajah


Tips Praktis Mencegah Munculnya Jerawat


Sebaiknya jika tidak ingin terkena masalah jerawat maka Anda harus mencegah jerawat timbul dengan rajin membersihkan wajah. Minimal Anda membersihkan wajah pada saat mandi dua kali sehari dan ketika akan tidur.

Cara Membersihkan

Hindari penggunaan handuk yang kasar untuk mengelap wajah Anda. Sebaiknya gunakan tangan untuk membersihkan wajah dengan sabun dan pilih handuk bayi yang halus. Perhatikan juga mengenai kebersihan handuk yang Anda kenakan. Apabila handuk yang digunakan tidak bersih maka kuman yang ada dihanduk menempel dimuka yang menyebabkan terjadinya jerawat.

2. Jangan terlalu sering memegang muka dengan tangan

Hindari kontak antara tangan dengan muka karena dapat memicu terjadinya jerawat. Terlebih bagi tangan Anda tidak bersih atau memiliki tipe muka yang sensitif. Hal ini dapat memicu timbulnya jerawat. Cuci bersih  tangan jika akan memegang muka dan hindari melalu memencet-pencet wajah yang terkena jerawat. Jika wajah ada jerawat usahakan sembuhkan dahulu barulah Anda dapat menggunakan make up.

3. Hindari Terkena sinar matahari langsung

Hal lain yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat adalah wajah yang tidak terlindungi dan langsung terkena matahari. Untuk itu Anda dapat menggunakan tabir surya yang membantu agar melindungi sinar matahari. Anda dapat melindungi wajah dari topi, kerudung atau pun masker. Alat-alat tersebut selain melindungi wajah Anda dari sinar matahari juga melindungi diri dari asam kendaraan yang mungkin saja mengenai wajah kita.

4. Rajin olahraga

Jangan menggira bahwa olah raga hanya untuk menyehatkan organ dalam saja. Olah raga yang rutin dapat membantu mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat.

5. Hindari Stress

Tips Praktis Mencegah Munculnya Jerawat


Ada baiknya Anda menenangkan pikiran dan menghindari stress. Stress dapat dengan mudah dan merupakan salah satu pemicu timbulnya stress.

6. Banyak mengkonsumsi air putih

Dengan banyak mengkonsumsi air putih maka akan membantu anda untuk melarutkan minyak dan lemak yang ada didalam tubuh. Wajah dan pencernaan menjadi sehat yang mempengaruhi wajah yang kusam serta berjerawat.

7. Gunakan bahan alami untuk mengatasi jerawat

Selain menggunakan obat over-the-counter, sebenarnya beberapa bahan alami juga ada yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan mengatasi jerawat di wajah. Beberapa yang umum digunakan adalah: madu, cuka sari apel, dan lemon. 

Madu 

Cara memanfaatkannya, cukup oleskan madu di bagian kulit yang berjerawat kemudian diamkan selama 30 menit sebelum dibersihkan dan dicuci. 

Madu selain dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat, juga bisa digunakan untuk mencegah jerawat. Karena pada madu terkandung sifat antiseptik alami yang bisa mengatasi berbagai masalah kulit. 

Lemon 

Bahan alami kedua yang sering digunakan untuk mengobati jerawat adalah lemon. Namun lemon tidak disarankan untuk kulit sensitif. Seperti madu, lemon juga efektif menyingkirkan jerawat dan bermanfaat untuk mencerahkan kulit. 

Cara menggunakannya: Ambil perasan air lemon kemudian oleskan di bagian kulit yang berjerawat, lalu diamkan selama 10-15 menit sebelum dibersihkan. 

Cuka sari apel 

Cara menghilangkan jerawat dengan cuka apel adalah: Sediakan 1 sdt cuka sari apel kemudian campurkan dengan 1 sdt air bersih. Kemudian terapkan campuran tersebut dengan bola kapas pada kulit yang berjerawat. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas. Cuka ini tidak disarankan untuk kulit sensitif.



Sebenarnya, jerawat datang bukan hanya disebabkan oleh kondisi kulit wajah yang kurang baik saja. Melainkan ada banyak sekali faktor penyebab jerawat datang seperti faktor hormonal, makanan yang mengandung pemicu jerawat seperti makanan berminyak serta kondisi pikiran yang kurang baik atau stress. Oleh karenanya, membuat diri sendiri menjadi bahagia dan senang adalah cara ajaib lainnya untuk mencegah jerawat datang. Dan biasanya, kesenangan wanita ini didapatkannya mudah sekali kok, hanya dengan belanja pakaian atau aksesoris cantik seperti sepatu impian misalnya, rasanya sudah sangat bahagia. Dengan bahagia, hormon kita akan menjadi jauh lebih baik dan jauh juga ari jerawat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Praktis Mencegah Munculnya Jerawat "

Post a Comment