Manfaat Es Batu Untuk Wajah Serta Bahaya Es Batu Untuk Tubuh


Mungkin selama ini Kamu berpikir bahwa es batu hanya bisa dimanfaatkan sebagai pendingin minuman. Padahal es batu memiliki manfaat lain, salah satunya memutihkan wajah. Tanpa perlu menggunakan krim-krim dokter atau skincare Korea, Kamu juga bisa memiliki kulit wajah kinclong dengan perawatan es batu.


Manfaat Es Batu Untuk Wajah Serta Bahaya Es Batu Untuk Tubuh


Cara Memutihkan Wajah Dengan Es Batu


Penggunaan es batu untuk memutihkan wajah memang tak bisa memberikan hasil instan. Namun bila Kamu rutin mengaplikasikannya setiap hari, dijamin wajahmu akan terlihat lebih bersinar. Hal ini dikarenakan es batu mampu mengecilkan pori-pori kulit, mengurangi produksi minyak berlebih, menyamarkan mata panda dan garis-garis halus. Nah, berikut ini ulasan tentang cara memutihkan wajah dengan es batu
Cara memutihkan wajah dengan es batu sangatlah mudah. Asalkan Kamu memiliki kulkas di rumah, maka Kamu bisa mengaplikasikan perawatan ini sewaktu-waktu. Metode penggunaannya: 
  • Pastikan Kamu menggunakan air mendidih (air matang) atau air mineral 
  • Bungkus air dalam plastik bersih dan masukkan dalam freezer 
  • Setelah es batu mengeras, Kamu bisa mengambilnya 
  • Pastikan Kamu mencuci tangan terlebih dahulu 
  • Kemudian potong es batu menjadi ukuran sedang 
  • Bungkus es batu dengan kain 
  • Lalu usapkan pada wajah secara menyeluruh dengan lembut kira-kira selama 1-2 menit
  • Perawatan ini bisa Kamu praktekkan setiap pagi atau 2 hari sekali. 
Oiya, dalam melakukan perawatan wajah dengan es batu sebaiknya Kamu menggunakan es batu buatan sendiri. Jangan membeli es batu di warung atau tempat lain. Sebab mungkin saja es batu itu berasal dari air mentah, air kran atau mungkin air bekas. Menggunakan es batu dari air kotor justru memicu masalah kulit, seperti jerawat, panu, dan sebagainya.


Manfaat Es Batu Untuk Wajah


1. Menyamarkan Mata Panda

Siapa sih yang gak kesal mata panda? Kondisi penggelapan warna kulit di bawah mata memang rentan dialami remaja dan wanita dewasa berusia lebih dari 20 tahun. Faktor penyebabnya bisa karena kebiasaan begadang, keturunan, terlalu sering menatap layar laptop, kurang asupan nutrisi dan alergi kosmetik.
Mengatasi mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata terbilang cukup susah. Bahkan tak jarang pengaplikasian produk eye cream ternama pun tidak membuahkan hasil. Nah, Kamu bisa mencoba perawatan dengan es batu. Caranya Kamu dapat membekukan air mawar di kulkas. Lalu kompreskan es air mawar tersebut pada bagian kulit bawah mata. Kira-kira selama 5 menit. Perawatan secara rutin bisa membuat kulit bawah mata lebih cerah. 


2. Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Dewasa ini, banyak sekali produk masker tanah liat (clay mask) yang ditawarkan oleh brand-brand kosmetik (baik lokal maupun luar negeri ) dengan fungsi utama mengecilkan pori-pori kulit. Nah, alternatif lain yang lebih mudah dan aman untuk mengatasi masalah pori-pori besar yakni menggunakan es batu. Dengan mengoleskan es batu secara rutin pada wajah maka perlahan pori-pori pasti bakal mengecil. Imbangi juga dengan pola makan sehat untuk hasil lebih optimal.

3. Mengatasi Wajah Berminyak

Kamu perlu tahu bahwa kulit manusia memiliki kelenjar minyak (sebum) yang berguna untuk memproduksi minyak. Keberadaan minyak pada kulit ini tentu bukan tanpa fungsi. Kegunaan minyak tersebut berguna untuk menjaga kelembaban wajah. Namun bila produksi minyak berlebihan maka hal itu bisa menjadi masalah. Pori-pori akan menjadi semakin besar. Debu dan kotoran mudah menempel. Sehingga efeknya wajah pun rentan muncul jerawat. 

Nah, jika Kamu termasuk wanita dengan tipe kulit berminyak, Kamu bisa mengaplikasikan es batu untuk perawatan wajah. Dengan mengoleskan es batu secara rutin di wajah, produksi minyak akan berkurang secara perlahan. Dengan demikian, lama-kelamaan kulit akan menjadi normal. 


Bahaya Makan Es Batu Setiap Hari Bagi Tubuh

Mengapa Orang Indonesia Gemar Mengkonsumsi Es ?

Indonesia merupakan salah satu negara tropis. Suhu yang panas seringkali membuat orang-orang Indonesia gemar mengkonsumsi minuman dingin, salah satunya dengan mencampur berbagai minuman dengan es batu. 

Setiap kali sesudah makan, minuman dingin merupakan hidangan wajib yang harus ada. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan pedas, mengkonsumsi minuman dingin dianggap sebagai solusi meredakan rasa pedas di mulut. 

Suhu panas yang hampir setiap saat menyelimuti udara Indonesia, juga kegemaran mengkonsumsi makanan-makanan pedas, membuat orang Indonesia sangat gemar mengkonsumsi minuman dengan campuran es batu. Bahkan ada sebagian orang yang gemar mengunyah es batu. 

Mengkonsumsi es batu, baik dengan mencampurkannya pada minuman tertentu atau langsung mengunyahnya, ternyata memiliki beberapa dampat buruk bagi kesehatan kita. Apalagi jika mengkonsumsi es batu setiap hari, bukan tidak mungkin resiko kesehatan dapat timbul lebih cepat dari yang kita duga. Berikut ini diantaranya :

1. Mengganggu metabolisme

Bahaya makan es batu setiap hari dapat mengganggu metabolisme tubuh dan menghambat pembakaran lemak dalam tubuh. Mengkonsumsi es secara berlebih dapat membekukan lemah yang ada dalam aliran darah. Akibatnya, aliran darah terganggu, proses pembakaran lemak dan metabolisme tubuh juga terganggu.

2. Dapat membuat perut buncit

Mengkonsumsi es terutama setelah makan dapat membuat usus dalam perut kita menyempit. Menyempitnya usus tersebut dapat menghambat kinerjanya dalam mencerna makanan yang masuk, akibatnya perut menjadi buncit.

3. Meminum atau makan es batu bisa membuat pusing

Hal ini bisa terjadi ketika cuaca sangat panas atau sehabis olahraga kita langsung mengkonsumsi es. Hal tersebut dapat terjadi karena setelah kita berolahraga terjadi proses pembakaran lemak dalam tubuh, juga otot dalam tubuh dalam kondisi tegang. Ketika kita mengkonsumsi es, tubuh akan mengalami perubahan suhu yang signifikan karena antara suhu tubuh dan suhu es tidak selaras. Kemudian terjadilah pengejangan otot dan jantung. Akibatnya proses pemompaan darah terganggu sehingga kepala menjadi sering pusing. 

4. Merusak Gigi

Mengonsumsi es batu dengan cara dikunyah dapat merusak gigi. Mengunyah es batu berpotensi merusak email gigi dan berbuntut pada rusaknya gigi. Kerusakan tersebut terjadi ketika gigi berusaha untuk memecahkan substansi yang keras. Akibatnya, gigi yang digunakan untuk mengunyah akan lebih cepat rusak.

5. Mengandung bakteri berbahaya

Es batu yang mengandung bakteri berbahaya adalah es batu yang terbuat mengandung bahaya minum air mentah. Beberapa pedagang minuman dingin sering menggunakan es batu yang terbuat dari air mentah untuk campuran minuman yang mereka jual. Jika meminum minuman yang tercampur dengan es batu dari air mentah, bukan tidak mungkin berbagai penyakit akan masuk ke dalam tubuh. Air mentah mengandung bakteri berbahaya seperti bakteri Ecoli yang dapat menyebabkan diare. 


Cara Tepat Mengonsumsi Es Batu

Agar kita terhindar dari berbagai bahaya yang menyertai saat mengkonsumsi es batu, maka ada baiknya anda menyimak berbagai saran untuk mengkonsumsi es batu sebagai berikut : 
  • Jangan mengkonsumsi es batu setiap hari, apalagi saat cuaca terlalu panas atau setelah berolahraga. Konsumsilah minuman dingin atau es batu sekali dalam dua hari atau tiga hari. Juga jangan mengkonsumsi es batu setelah berolahraga agar tubuh tetap fit. 
  • Konsumsilah es batu dengan mencampurkannya pada minuman. Untuk meminimalisir kerusakan gigi akibat es batu, maka konsumsilah es batu dengan mencampurkannya pada minuman. Bagi Anda yang terbiasa dan suka mengunyah es batu, maka kurangilah kebiasaan itu mulai sekarang jika Anda peduli pada kesehatan gigi Anda. 
  • Pastikan es batu terbuat dari air matang. Jika Anda merasa ragu bahwa minuman dingin yang Anda beli menggunakan es batu dari air mentah, maka ada baiknya Anda tidak membeli minuman dingin di luar rumah. Atau jika ingin lebih aman, buatlah sendiri es batu untuk dikonsumsi, jadi Anda yakin 100% bahwa es batu tersebut higienis dan aman dari ancaman bakteri jahat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Es Batu Untuk Wajah Serta Bahaya Es Batu Untuk Tubuh"

Post a Comment