Bahaya Micin Untuk Kesehatan


Jika Anda suka makanan Cina, makanan kotak atau snack dalam kemasan, maka kemungkinan besar Anda mengkonsumsi MSG dalam jumlah tinggi. MSG, atau monosodium glutamat atau vetsin, adalah penyedap makanan umum yang telah digunakan di seluruh dunia. Bahkan telah diklaim bahwa MSG adalah salah satu dari tiga jenis bumbu dasar selain garam dan merica. Namun, mengkonsumsi MSG dalam jumlah berlebihan dapat merusak kesehatan Anda. Baca terus untuk mengetahui tentang berbagai efek kebanyakan micin MSG bagi kesehatan.

Bahaya Micin Untuk Kesehatan


Berikut Efek samping kebanyakan mengkonsumsi monosodium glutamat (MSG)


1. Tekanan Darah Tidak Normal

Makanan yang kebanyakan kandungan micin itu akan membuat tekanan darah menjadi tidak normal (naik-turun). Mengkonsumsi makanan yang mengandung micin terlalu banyak juga bisa menimbun asam glutamat pada sel otak, sehingga dampak untuk kedepannya bisa mengakibatkan lumpuh permanen.

2. Penglihatan Jadi Rusak

Makan makanan bermicin dapat merusak fungsi mata. Gejala awalnya biasanya ditandai dengan sakit mata. Setelah itu, penglihatan menjadi kabur sehingga sangat sulit untuk fokus pada penglihatan. Makanan bermicin memang sangat gurih dan tentunya enak sekali, tapi demi menjaga dan mencegah hal buruk terjadi, mulai sekarang kurangilah makan makanan bermicin yah.

3. Mengundang Penyakit Kanker
Micin dibuat dengan suhu tinggi dan waktunya juga sangat lama. Menurut penelitian, itu dapat membentuk pirolisis bersifat karsinogenik yakni senyawa berbahaya yang bisa mengundang kanker datang. Jadi kesimpulannya, makan makananan bermicin berlebihan bisa mempercepat senyawa kanker datang pada tubuh.

4. Mudah Sakit Kepala dan Leher Sering Kaku

Jenis zat bernama alanin bisa menghambat penyerapan vitamin B6 oleh tubuh karena terlalu banyak micin pada makanan yang dikonsumsi oleh anda. Ini menjadi penyebab anda sering pusing sakit kepala. Selain itu, anda juga akan merasakan leher kaku. Untuk menyembuhkannya, anda hanya perlu istirahat yang cukup dan minum putih banyak.

5. Menyebabkan Sakit Jantung

Bahan makanan yang bisa membuat gurih dan enak ini memiliki dampak yang sangat buruk untuk kesehatan jantung anda. Terlalu banyak makan micin juga bisa membuat jantung anda berdetak tidak normal. Umumnya ini disertai dengan perasaan cemas. Kondisi jantung yang kekurangan pasokan darah dapat mengakibatkan nyeri dada parah

6. Kerusakan Otak
Sulit untuk membayangkan bahwa penyedap makanan yang umum digunakan ini sebenarnya berbahaya, bahkan dapat menyebabkan seperti kerusakan otak yang serius.Namun kenyataannya memang demikian, mengkonsumsi MSG secara rutin dapat menyebabkan degenerasi otak dan sel-sel sistem saraf. Pertama, penting untuk mengetahui bagaimana MSG dapat mempengaruhi otak. Monosodium glutamat adalah jenis excitotoxin. Setelah Anda mengonsumsi makanan yang kaya MSG, selanjutnya MSG masuk ke aliran darah sebelum menuju ke otak. Setelah di otak, pada dasarnya MSG hanya merangsang sel-sel otak untuk berpikir bahwa apa yang kita makan rasanya lezat. Inilah sebabnya sebabnya, mengapa kita sering merasa berhasrat untuk makanan yang tinggi MSG. Sayangnya, overstimulating otak seperti itu dapat menyebabkan kelelahan dan kematian sel-sel otak Anda dan ada benarnya jika orang yang bilang micin bisa membuat Otak Lemot.

7. Kegemukan
Jika Anda sedang merasakan kesulitan untuk menurunkan berat badan , sepertinya MSG bisa menjadi salah satu penyebabnya. Studi telah berulangkali menghubungkan excitotoxin dan obesitas. Karena MSG efektif dalam merangsang pikiran untuk menjadi kecanduan rasa, maka secara otomatis kita mengembangkan keinginan untuk makan-makanan yang tinggi MSG. Semakin kuat keinginan makan-makanan Anda, maka semakin besar kemungkinan Anda akan makan. Semakin banyak Anda makan, maka akan semakin menambah berat badan. Bahkan, MSG sangat efektif untuk mendorong kenaikan berat badan, yang digunakan oleh para ilmuwan ketika mereka ingin menginduksi obesitas pada hewan di laboratorium.
Cukup banyak makanan yang mengandung micin di Indonesia bahkan di Dunia, dan itu tentunya sangat berbahaya untuk kesehatan anda jika dikonsumsi terlalu banyak. Walaupun penyedap rasa ini sangat digemari banyak orang, anda tetap harus waspada ya. Sebagai penggantinya anda bisa menggunakan penyedap rasa lainnya yang alami seperti garam, gula, dan rempah-rempah lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Micin Untuk Kesehatan"

Post a Comment