Cara Mengatasi Rambut Bercabang Dengan Alami

Cara Mengatasi Rambut Bercabang Dengan Alami
Rambut adalah bagian dari tubuh kita yang membuat kita akan tampak cantik, apabila rambut kita terlihat sehat dan berkilau. Namun sayang sekali apabila rambut sudah bercabang, maka hal tersebut akan membuat kita sebel.
Untuk rambut bercabang, biasanya hal ini terjadi pada rambut yang kurang nutrisi, dan kering. Bagian rambut yang mengalami masalah ini adalah ujung rambut karena bagian ini yang paling tua atau lama dibandingkan bagian rambut yang lainnya. Makanya orang sering mengalami rambut kering pada ujungnya saja. Ada banyak sekali faktor yang bisa membuat rambut mengalami masalah ini, mungkin ada yang tidak tahu mengenai hal ini. Untuk mengetahui faktor apa saja yang bisa membuat rambut bercabang, Anda butuh sekali membaca informasi di bawah ini. Siapa tahu ada hal yang luput dari pantauan Anda atau Anda tidak tahu bahwa hal-hal ini adalah penyebabnya. Baca juga artikel cara menghilangkan ketombe dengan garam.

Penyebab Utama Rambut Bercabang
Ada banyak faktor penyebab rambut bercabang dan semuanya berasal dari kegiatan sehari-hari Anda. Inilah dia daftar apa saja yang menyebabkan rambut Anda mengalami kerusakan kemudian menjadi bercabang. Faktor ini bisa Anda temukan sehari-hari.
Penyebab rambut bercabang sangat beragam. Mulai dari masalah yang berasal dari dalam yaitu terkait dengan tubuh, maupun masalah dari luar seperti pemakaian produk maupun alat-alat penata rambut. Lebih jelasnya sebagai berikut.

1. Nutrisi Yang Dibutuhkan Rambut


Kekurangan nutrisi akan menyebabkan masalah-masalah pada rambut, salah satunya adalah rambut bercabang. Kekurangan nutrisi dalam tubuh akan berdampak pada kutikula rambut. Kutikula ini menjadi lapisan pembungkus rambut di bagian luar. Kutikula juga berfungsi sebagai pengikat serat-serat rambut, sehingga jika nutrisi dalam tubuh kurang, kutikula juga akan mengalami masalah dan tidak kuat lagi mengikat serat rambut. Akibatnya rambut menjadi pecah hingga menjadi bercabang.

3. Usia Rambut

 Ketika rambut sudah semakin tua, dengan salah satu indikasi panjangnya rambut, akan menjadi lebih rentan terhadap kerusakan. Jadi rambut panjang akan cenderung lebih rentan mengalami masalah rambut bercabang.

4. Penggunaan Alat Penata Rambut & Produk-Produk Yang Mengandung Bahan Kimia

Alat penata rambut biasanya akan memanfaatkan panas untuk dapat menata rambut lebih mudah. Panas ini dapat merusak rambut jika dilakukan terlalu sering. Produk-produk penataan rambut seperti hair spray, obat rebonding dan produk lainnya juga dapat menimbulkan kerusakan rambut yang cukup parah. Kerusakan rambut yang sering ditemui adalah rambut bercabang.

5. Cuaca

Ketika cuaca panas dan kita terlalu lama di luar tanpa ada penutup kepala, maka rambut akan terkena cahaya matahari secara langsung. Hal ini akan berakibat rambut menjadi kering dan mudah rusak seperti bercabang.

6. Kebiasaan Kurang Baik Dalam Merawat Rambut


Ketika mengeringkan rambut menggunakan handuk dan menggosok-gosoknya dengan kasar akan membuat rambut mengalami gesekan yang besar dan berpotensi mengalami pecah-pecah dan bercabang. Selain itu kebiasaan menyisir dengan kasar ketika rambut kusut juga dapat menimbulkan kerusakan rambut.

Berikut Cara Mengatasi Rambut Bercabang

1. Potong Ujung Rambut

Cara Mengatasi Rambut Bercabang Dengan Alami

 Di atas sudah disebutkan bahwa kenapa rambut bercabang terjadinya di ujung rambut, yaitu karena bagian ujung rambut adalah yang usianya paling tua dibandingkan dengan bagian rambut lain. Berikut cara melakukan dengan dipotong ujung rambut:
Jika rambut Anda terlanjur bercabang atau bisa juga untuk menghindarinya maka gunting ujung rambutnya. Akan lebih baik jika dilakukan rutin setiap 2 bulan sekali jika kerusakannya parah. Rambut yang di atas dan masih bagus bisa menggantikan rambut yang sudah rusak. Tidak perlu terlalu panjang, sekitar ½ sampai 1 cm saja.
Jangan takut rambut tidak akan panjang karena sering memotongnya. Cari saja cara menumbuhkan rambut secara alami. Dengan melakukan hal ini justru rambut akan cepat panjang. Jika rambut yang bercabang dibiarkan nanti yang ada justru kebalikannya, rambut akan kekurangan “semangat” untuk memperpanjang diri karena rapuhnya diri mereka.

2. Masker Telur

Jangan anggap hal ini menjijikkan karena berpikiran bahwa rambut akan menjadi anyir. Oleh karena telur memiliki banyak khasiat untuk model rambut wanita sebahu dan berbagai kesehatan tubuh seperti wajah, dan rambut. Dengan rutin melakukan perawatan dengan bahan ini maka rambut bisa menjadi sehat. Kenapa?
Campuran yang cocok dan sama-sama berkhasiat bagi rambut adalah minyak almond, minyak zaitun, atau madu. Cara menggunakannya adalah mencampurkan putih telur dengan bahan pilihan yang sudah disebutkan tadi. Aduk sampai rata kemudian jadikan masker rambut dengan mengoleskannya kemudian pijat perlahan. Jangan lupa, rambut Anda harus dalam keadaan yang kering, berikut langkahnya dengan menggunakan telur:
Diamkan pada rambut paling sebentar 30 menit, dan paling lama 60 menit. Jika sudah cukup waktunya, langsung bilas rambut kemudian keramas seperti biasa. Pastikan rambut Anda benar-benar bersih dari masker tersebut. Selain dicampurkan dengan berbagai jenis minyak, Anda bisa mencampurnya dengan buah-buahan seperti pisang atau jeruk. Cara menggunakannya sama.
Di dalam telur ada kandungan protein yang sangat banyak sehingga mampu digunakan untuk mengobati rambut kering dan bercabang. Anda bisa hanya memakai telur, bisa juga ditambah dengan bahan lainnya yang alami seperti air lemon. Telur yang dipakai hanya bagian putihnya.

3. Alpukat

Cara Mengatasi Rambut Bercabang Dengan Alami

Di dalam buah alpukat terhadap zat yang berkhasiat untuk membuat rambut cara membuat rambut bergelombang menjadi sehat, sama halnya dengan untuk wajah. Campuran yang bisa ditambahkan dengan buah ini adalah minyak zaitun.
Beda dengan cara di atas, Anda harus membasahi rambut sedikit saja. Hancurkan buah alpukat lalu campur dan aduk sampai rata. Oleskan pada kulit kepala dan rambut Anda. Diamkan beberapa saat agar nutrisinya meresap ke rambut. Jika sudah Anda nilai cukup maka langsung bersihkan dengan keramas seperti biasa.
Lakukan perawatan ini  secara rutin agar khasiatnya bisa lebih baik. Oleh karena alpukat memiliki banyak zat, dan nutrisi yang baik untuk tubuh kita.
Ada banyak alasan kenapa buah ini bisa mengatasi segala jenis masalah rambut. Antara lain sebagai berikut.
Memiliki sifat sebagai kondisioner alami yang akan menyehatkan rambut kering sebagai salah satu penyebab rambut yang bercabang. Ini karena memiliki kandungan minyak dalam dagingnya. Bisa melindungi rambut karena memiliki kandungan mineral, dan vitamin. Zat ini akan melindungi rambut dari pengaruh bahan kimia, polusi, serta sinar matahari. Ada kandungan asam lemak omega 3, dan vitamin yang bisa membuat rambut menjadi berkilau juga halus. Adanya nutrisi yang bisa merangsang pertumbuhan dari rambut jadi lebih sehat.

4. Cuka Apel

Khasiat dari cuka apel untuk rambut telah teruji, banyak orang yang melakukan perawatan dengan bahan ini untuk rambutnya. Dengan menggunakan bahan ini rambut akan menjadi sehat, lembut, dan indah sehingga akan mencegah timbulnya rambut yang bercabang, berikut cara yang mudah dengan menggunakan cuka apel:
Pakai sari cuka apel dan tambahkan dengan gandum, dan sedikit air untuk kemudian dijadikan masker. Oleskan pada rambut yang sudah dikeramasi dan masih basah kemudian diamkan juga beberapa saat, setidaknya selama 10 menit. Bilas rambut Anda menggunakan air saja, tidak perlu menggunakan sampo lagi karena cuka apel tidak akan menempel di rambut seperti buah-buahan. Cara lainnya adalah memasukan bahan ini ke wadah semprotan kemudian disemprotkan ke arah rambut yang rusak.
Hasil dari perawatan ini biasanya bisa langsung terlihat. Bukan membuat bercabangnya langsung hilang tapi membuat rambut terlihat sehat. Jika sudah beberapa kali dilakukan baru rambut Anda akan hilang masalah bercabangnya. Selain sebagai bahan untuk merawat rambut bercabang, kegunaan lain dari bahan ini adalah untuk mengilaukan rambut, menghaluskan rambut, mengatasi ketombe, menumbuhkan rambut dengan baik, dan atasi masalah rambut rontok. Kandungan-kandungan yang ada di dalamnya antara lain suplemen penjaga kesehatan rambut, anti jamur dan bakteri, nutrisi, dan asam alpha hydroxy.

5. Lidah Buaya

Di antara semua bahan yang disebutkan di atas, ini adalah bahan yang paling dikenal untuk  cara memotong rambut sendiri model layer digunakan sebagai menghilangkan rambut bercabang. Di dalam tanaman ini ada banyak kandungan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh seperti asam amino, mineral, enzim, sterol, gula, salisilat, antrakuinon, dan masih banyak lagi kandungan lainnya.
Makanya kenapa lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk menyembuhkan macam-macam keluhan dalam tubuh. Berikut langkah yang mudah dan praktis dengan menggunakan lidah buaya:
Cara pakainya sama saja dengan yang lain tapi tidak perlu dicampur dengan bahan lain, juga tidak perlu diaduk. Kupas saja kulit lidah buayanya kemudian oleskan lendirnya pada rambut sampai rata. Tunggu selama sekitar 15 menit atau sampai kering. Sesudah itu Anda bilas rambut dengan air, dan sampo jika perlu. Dalam sekejap rambut Anda tidak akan kering, inilah salah satu alasan rambut bercabang bisa terjadi.

6. Minyak Kemiri

Cara Mengatasi Rambut Bercabang Dengan Alami

Minyak kemiri memang diambil dari sari kemiri yang didapatkan dari kemiri sangrai. Cara mendapatkan minyaknya adalah sangrai kemiri atau goreng tapi tidak pakai minyak sampai kemirinya gosong atau menghitam. Bisa juga dengan cara membakarnya agar lebih cepat.
Berikut langkah yang paling gampang dan mudah dengan menggunakan cara minyak kemiri:
Tumbuk kemiri sampai hancur dengan begitu minyaknya akan keluar. Namun, jika Anda malas melakukan hal ini Anda bisa membeli minyaknya yang sudah jadi. Di pasaran Anda akan menemukannya dengan mudah. Oleskan pada rambut kemudian pijat dengan perlahan. Diamkan selama sekitar 60 menit kemudian baru dibilas. Coba rasakan, rambut Anda akan menjadi lembut. Untuk mendapatkan rambut bebas bercabang lakukan secara rutin.

7. Pepaya

Buah lain yang bisa digunakan sebagai masker untuk menghilangkan rambut bercabang adalah pepaya. Dengan teksturnya yang mirip dengan pepaya ternyata juga bisa digunakan sebagai masker rambut untuk menghilangkan rambut bercabang. Selain memiliki vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, buah ini juga memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan rambut. Berikut tips dan langkah yang mudah dengan menggunakan pepaya:
Anda bisa mencampurkan buah ini dengan yogurt. Caranya dengan melembutkan pepaya kemudian tambah dengan yoghurt dan aduk rata. Jika sudah, oleskan pada rambut Anda kemudian diamkan sampai dengan 30 menit atau Anda rasa cukup. Bilas dengan menggunakan air hangat agar pepaya tidak menempel pada rambut atau cepat hilang. Meski air hangat kurang baik bagi kesehatan rambut tapi tidak mengapa jika hanya sesekali.
Kegunaan dari pepaya untuk rambut selain menghilangkan masalah bercabang ada banyak. Bahkan bukan buahnya saja yang berkhasiat, melainkan bagian daun, dan bijinya juga. Beberapa khasiat untuk rambut lainnya adalah menguatkan akar rambut, membuat pertumbuhan rambut jadi lebih baik, menghitamkan rambut, meluruskan rambut, dijadikan kondisioner rambut, mengatasi ketombe, dan menjaga kerontokan rambut.



Demikianlah bagaimana menghilangkan rambut bercabang dengan bahan-bahan alami. Semuanya tidak sulit, asal rutin melakukannya Anda pasti akan merasakan dan melihat bagaimana rambut menjadi lebih sehat. Jagalah rambut anda untyk tetap cantik dan sehat. Semoga artikel ini manfaat bagi anda. selamat mencoba!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Rambut Bercabang Dengan Alami"

Post a Comment