Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Anda

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Anda
Buah Naga ini merupakan buah yang banyak dikonsumsi oleh orang banyak, karena selain harganya terjangkau, juga mudah di dapat. Buah naga memiliki warna yang begitu cantik hingga warna dari buah naga merah sering dipakai untuk mewarnai makanan atau biasa disebut juga pewarna alami makanan. Buah naga merah ini sering dikonsumsi secara langsung, namun ada juga yang dijadikan jus malahan dijadikan topping pada makanan karena warnanya yang sangat mempesona.
Buah naga memiliki dua warna, yaitu warna merah dan warna putih,  Buah naga, buah yang terkenal akan begitu manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Buah yang berasal dari salah satu jenis kaktus ini cukup unik. Sebelum menjadi buah, bunga buah naga mulai bersemi sejak sore hingga malam hanya untuk layu ketika terkena sinar matahari. Karena keindahan bunganya, seringkali bunga buah naga mendapat julukan “moonflower” atau “Queen of the night”.
Fisik dari buahnya pun tergolong unik, mulai dari kulitnya hingga dagingnya. Beberapa mungkin terbiasa dengan penampilan buah naga dengan kulitnya yang berwarna merah, namun ada juga buah naga yang berkulit kuning dan memang hampir sama sekilas dengan nanas. Bagian dalamnya pun ada yang berwarna ungu dan ada yang berwarna putih. Tampilan bagian dalam buahnya hampir sama dengan kiwi, yakni terdapat biji hitam kecil-kecil yang juga bisa dimakan.
Buah naga ini asli dari Amerika Tengah, namun juga berkembang dan diekspor dari beberapa negara Asia Tenggara, seperti Thailand dan Vietnam. Hylocereus undatus, bahasa latin dari buah naga, merupakan buah dengan rendah kalori namun menawarkan banyak sekali nutrisi termasuk vitamin B dan C, fosfor, protein, kalsium, fiber, captin, dan antioksidan.
Beberapa orang mengira bahwa buah naga dengan daging putih dan merah berbeda, namun sebenarnya sama-sama bernutrisi bagi tubuh.

1.      Makanan diet

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Anda

nah bagi sahabat yang sedang program diet, sangat baik dan sangat cocok sekali mengkonsumsi buah naga, karena kandungan yang terdapat dalam buah naga merah tersebut akan mampu menjaga tubuh anda dari yang namanya kegemukan. Tentunya dengan olahraga yang cukup ya sobat serta mengkonsumsi buah naga dengan secara teratur dan dalam jumlah yang teratur juga. Enak banget ya diet sama buah naga yang manis ini, pastinya deh sahabat rajin dietnya karena rajin juga makan buahnya.

2.      Menangkal radikal bebas

Khasiat buah naga merah ini bisa menangkal juga mencegah radikal bebas yang masuk dalam tubuh kita, dan salah satu penyakit yang bisa dicegah oleh buah naga yaitu mencegah timbulnya kanker pada tubuh, makanya sering dan rajinlah mengkonsumsi buah naga merah ya sob, supaya tubuh tetap sehat.

3.      Menjaga kestabilan imun tubuh

Tubuh sangat perlu sekali untuk selalu kita jaga supaya tidak terserang penyakit yang tidak kita inginkan, salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi buah naga merah, karena buah naga mampu menjaga sistem imun tubuh kkita atau menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap sehat dan tidak mudah terserang oleh penyakit.

4.      Menjaga kadar gula

Buah yang manis serta kaya akan vitamin ini mampu menjaga kadar gula di dalam tubuh kita jika mengkonsumsinya secara teratur. Dan hasil dari itu kita kemungkinan tidak akan terserang yang namanya penyakit diabetes atau penyakit gula, bahkan orang yang menderita sakit diabetes saja disarankan untuk mengkonsumsi buah naga merah, nah sebelum kita terserang penyakit dua itu, yuk kita segera konsumsi buah naga secara tertaur supaya kita hidup sehat.

5.      Meningkatkan nafsu makan

Jika sahabat kurang nafsu makan, sebaiknya anda mulai mengkonsumsi buah naga merah, karena buah ini mengandung mineral dan juga vitamin yang sangat baik untuk meningkatkan nafsu makan kita. Selain itu sistem pencernaan akan lebih bekerja dengan baik.

6.      Mengatasi darah tinggi

Nutrisi yang ada pada buah naga merah sangat baik sekali untuk mencegah dan mengatasi tekanan darah tinggi, maka dari itu sahabat yang merasa memiliki penyakit darah tinggi rutinlah setiap hari mengkonsumsi buah naga, dengan vitamin yang terkandung di dalamnya penyakit akan mulai reda dengann sedikit-sedikit.

7.      Mengobati penyakit asma

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Anda

Karena banyaknya kandungan vitamin yang terdapat di dalam buah naga, hingga tak heran jika buah ini baik sekali bagi beberapa penyakit, salah satunya yaitu yang memiliki penyakit asma. Bagi sahabat yang menderita asma disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah naga karena khasiatnya yang sangat bagus untuk mengobati asma.

8.      Mencegah kanker

Seperti yang telah admin sampaikan tadi, bahwa khasiat buah naga untuk mengatasi radikal bebas pada tubuh kita yang akan memunculkan penyakit kanker dengan melalui sel yang rusak, sebaiknya jika sahabat ingin terhindar dari penyakit kanker lebih baik perbanyak mengkonsumi buah naga merah.

9.      Mencegah penuaan dini

Memiliki penampilan yang elalu tampil fresh adalah dambaan bagi semua orang, khusus bagi para wanita yang ingin selalu tampil cantik dan segar. Karena dalam buah naga merah mengandung nutrisi yang baik sekali sebaiknya sahabat mengkonsumsi setiap hari supaya penampilan selalu tampil menawan.

10. Mampu mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung

Lycopene, selain berfungsi sebagai pencegah kanker juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah serta mencegah penyakit jantung seperti serangan jantung mendadak karena biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan kardiovaskular.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah naga untuk sistem kekebalan tubuh merupakan efek samping dari buah naga yang banyak mengandung nutrisi dan gizi. Selain itu, dengan rajin mengkonsumsi buah naga, maka proses penyembuhan baik luka luar maupun luka luar akan semakin cepat pula.

12. Menunda penuaan dini

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Anda

Manfaat buah naga untuk kecantikan adalah dengan memperlambat penuaan diri. Hal ini dikarenakan antioksidan yang akan membuat kulit tetap kencang dan beregenerasi dengan baik.

13. Membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang serta melancarkan peredaran darah

Kalsium yang ada dalam buah naga akan menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda. Dan juga zat besi serta fosfor akan membantu melancarkan peredaran darah dan membantu memperbaiki jaringan yang rusak dalam tubuh.

Manfaat Buah Naga Putih untuk Bayi 

Buah naga merupkan tanaman yang berasal dari Amerika, salah satu tanaman jenis kaktus ini memang sudah sangat mudah kita dapatkan karena tanaman ini sudah banyak di budidayakan diberbagai negara salah satunya di negara tercinta kita yaitu Indonesia. Ya karena tanaman jenis kaktus ini memang sangat mudah tumbuh diberbagai macam iklim.
karena sekarang sudah banyak disekitar kita, Sahabat pasti pernah dong ya mencoba buah naga putih, tapi apakah sudah tahu manfaat apa saja yang dimiliki dari buah naga putih ini? Nah kita sekarang akan bahas apa saja sih manfaat buah naga putih ini, tidak khusus untuk orang dewasa saja, anak dan bayi juga aman mengkonsumsinya.
Nah karena khasiat buah naga putih aman untuk bayi, sekarang admin akan menyajikan informasi mengenai manfaat buah naga putih untuk bayi. Buah naga putih bisa dijadikan menu sehat untuk bayi sebagai Makanan Pendamping ASI atau biasa disebut dengan MPASI. Karena selain rasanya enak, tekstur buahnya lembut juga nutrisinya yang banyak sekali yang baik untuk kesehatan bayi.
Tekstur daging buah naga yang lembut ini mampu dicerna dengan baik oleh bayi hingga tidak menghambat pada pencernaannya. Usia 0-2 tahun merupakan fase yang begitu penting untuk para bunda memperhatikan asupan gizi anaknya karena di usia itu nutrisi yang baik harus diberikan untuk mendukung perkembangannya. Nah bagi para bunda yang masih ragu nih buat ngasih bayinya buah naga yuk kita langsung saja simak dibawah ini informasinya supaya tidak ragu lagi.

1.      Menjaga Sistem Kekebalan tubuh

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Anda

Buah naga putih mengandung vitamin C yang sangat tinggi yang sangat dibutuhkan oleh bayi yang sedang tumbuh kembang yaitu untuk menjaga sistem kekebalna tubuhnya hingga mencegah berbagai macam penyakit yang timbul. Tak hanya itu vitamin C yang terdapat pada buah naga putih ini mampu memperbaiki jaringan yang rusak.

2.      Meningkatkan Nafsu Makan

Bayi atau bahkan anak-anak juga banyak yang nafsu makannya kurang bahkan ada yang tidak suka makan nasi. Itu semua harus diatasi sesegera mungkin karena jika tidak anak akan terlihat kurang sehat juga tidak bagus untuk perkembangannya. Rutinlah berikan buah dan sayuran untuk anak mau makan dan nafsu makannya meningkat, dengan salah satunya diberikan buah naga dengan rutin.

3.      Meningkatkan fungsi Otak

Perkembangan bayi dan anak-anak adalah nomor satu yang harus kita utamakan, apalagi dalam hal makanan harus sangat diperhatikan, karena bayi usia 0 sampai 2 tahun merupakan usia emas yang benar-benar diperhatikan segala halnya, dan makanan adalah salah satu penunjang yang sangat penting dalam perkembangannya khususnya untuk otaknya. Harus diberikan asupan makanan yang sehat salah satunya dengan diberikan buah naga, ya berbagai vitamin yang terdapat dalam buah naga mampu meningkatkan fungsi otak anak.

4.      Meningkatkan Metabolisme

Vitamin B1 yang terdapat dalam buah naga putih sangatlah tinggi, dan itu berfungsi sebagai pertahanan dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh supaya selalu ada dalm keadaan sehat. Rajinlah berikan buah naga setiap hari supaya metabolisme tubuh anak semakin kuat dan sehat.
Baca juga manfaat buah naga merah bagi kesesehatan dan buah naga merah untuk ibu hamil yang pada kesempatan sebelumnya sudah kami bagikan.

5.      Memelihara Kesehatan Mata

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Anda

Kandungan yang terdapat dalam buah naga salah satunya yaitu Fosfor, dan fosfor ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata salah satunya. Bayi tumbuh dalam setiap aspeknya dan setiap anggota tubuhnya, salah satunya mata. Kita seorang ibu harus selalu mengkonsumsi makanan yang dapat menunjang pada kesehatan anak, dan anak juga harus diberikan asupan gizi yang sehat untuk tubuhnya. Mata adalah anggota tubuh yang sangat penting untuk selalu dijaga, maka dari itu rajinlah mengkonsumsi buah-buahan salah satunya yaitu buah naga, karena nutrisi dalam buah naga putih mampu memelihara kesehatan mata.

6.      Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kalsium yang terdapat pada buah naga  putih sangat tinggi, dan kalsium ini sangat dibutuhkan oleh tubuh apalagi bayi yang masih sangat membutuhkan untuk pembentukan tulang dan giginya. Supaya pertumbuhan tulang dan giginya baik sebaiknya ibu rajin memberikan makanan yang penuh dengan kalsium salah satunya buah naga.

7.      Baik untuk pencernaan

Kandungan serat yang terdapat pada buah naga putih sangat baik sekali untuk menjaga pencernaan si kecil. Dengan teksturnya yang lembut serta menimbulkan rasa kenyang dapat menghindarkan si kecil banyak mengkonsumsi makanan ringan yang kurang baik untuk kesehatannya.


Demikian manfaat buah naga  yang banyak sekali khasiatnya bagi tubuh kita, semoga lebih bermanfaat lagi ya buat sahabat semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Anda"

Post a Comment