Manfaat Madu Bagi Kesehatan Dan Kecantikan, Tanpa Mahal Yang Perlu Anda Coba

Manfaat Madu Bagi Kesehatan Dan Kecantikan, Tanpa Mahal Yang Perlu Anda Coba
Pada dasarnya, hampir semua orang tahu bahwa madu adalah makanan kesehatan yang dihasilkan oleh lebah dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.
Manfaat madu yang banyak sekali memang sudah merupakan rahasia umum. Mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Banyak produk kecantikan yang memakai madu sebagai bahan dasar karena memang memiliki banyak sekali manfaat. Apalagi untuk kesehatan, sudah tidak perlu ditanyakan lagi manfaat madu bagi tubuh kita. Manfaat madu sebagai kesehatan sering digunakan sebagai campuran beberapa merek minuman penambah stamina tubuh.

Madu sendiri merupakan cairan yang sekilas menyerupai sirup namun lebih kental dan rasanya lebih manis. Tidak perlu ditanya lagi dari mana asal madu, tentu saja lebah. Madu berawal dari nektar yang dihasilkan oleh lebah. Rasa manis pada madu disebabkan adanya unsur monosakarida fruktosa dan glukosa yang memang merupakan perasa manis pada gula.
Tidak hanya bermanfaat sebagai kesehatan, tidak jarang pula orang menggunakan madu sebagai bahan olesan pada makanan yang hendak dipanggang atau campuran pada makanan karena rasa manis yang memang berbeda dari gula dan pemanis lainnya.

Manfaat Madu

Manfaat Madu Bagi Kesehatan Dan Kecantikan, Tanpa Mahal Yang Perlu Anda Coba


1. Kecantikan dan Kesehatan Kulit
Belum banyak yang tahu manfaat madu bagi kecantikan dan kesehatan kulit ini, mulai dari pelembab hingga antiseptik yang dapat memelihara kesehatan kulit karena mengandung magnesium, potasium dan kalsium yang membantu meregenerasi sel yang telah rusak pada kulit.
Sebenarnya, manfaat madu bagi kecantikan ini sudah digunakan sejak lama yaitu oleh cleopatra seorang ratu mesir yang pada saat itu hingga kini masih dianggap sebagai ahli kecantikan diseluruh dunia.

2. Mengobati Infeksi Pada Luka
Siapa yang sangka bila makanan manis ini dapat mengobati infeksi dan menghambat pergerakan bakteri pada luka. Karena, madu dapat menyerap air penyebab infeksi pada luka dan membantu tubuh untuk membentuk jaringan baru yang rusak karena luka.

3. Pengawet Makanan
Sudah sangat jelas, madu adalah salah satu makanan yang mempunyai rasa manis. Karena rasa manis ini, madu sering kali dijadikan pengganti gula untuk membuat kue.
Selain dari rasa manis yang didapatkan, kue yang dicampur dengan madu akan terlihat lebih segar dan lezat karena mengandung antibiotik alami. Kalian tak perlu lagi menggunakan pengawet makanan yang berbahaya bagi kesehatan, gunakan madu sebagai pengawet makanan yang menyehatkan.

4. Meredakan Radang Tenggorokan
Manfaat kesehatan madu yang selanjutnya yaitu dapat meredakan radang tenggorokan dan batuk. Dengan sering mengkonsumsi madu, dapat membersihkan dahak pada saluran pernafasan dan berkhasiat sebagai disinfektan ringan yang membantu meredakan radang tenggorokan.

5. Resep Panjang Umur
Fakta terakhir tentang manfaat kesehatan madu yaitu menjadi salah satu resep panjang umur. Dengan sering mengkonsumsi madu terutama setiap kali sarapan, maka dipercaya akan membuat umur lebih panjang karena manfaat kesehatannya yang begitu banyak.

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Madu Bagi Kesehatan Dan Kecantikan, Tanpa Mahal Yang Perlu Anda Coba


Sejak dahulu madu telah digunakan sebagai bahan dasar perawatan kulit. Selain teksturnya yang lembut, kandungan madu sangat kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan potasium yang dapat digunakan sebagai pelembab, penyegar bahkan masker wajah. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai khasiat madu untuk kecantikan, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa resep berikut ini. Kandungan madu tak hanya dapat menjaga keindahan kulit dan mencegah penuaan dini, tapi dapat pula menjaga keindahan kulit rambut.

1. Pembersih Wajah
Untuk mengaplikasikan madu sebagai pembersih wajah, ada beberapa tahap yang harus ditempuh. Yaitu campur 1 sendok makan madu, 1 putih telur, 1 sendok teh gliserin (dapat diperoleh di apotik), dan 1 sendok teh tepung terigu. Campur hingga rata kemudian oleskan pada wajah dan leher. Diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat.

2. Penyegar Wajah
Untuk Anda yang ingin memanfaatkan madu sebagai penyegar wajah, dapat mengikuti tahap-tahap berikut. Pertama campur 1 sendok air lemon, 1 sendok teh madu, dan 2 putih telur. Lalu campur hingga rata, kemudian oleskan pada seluruh kulit wajah dan leher. Diamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat, kemudian keringkan dengan handuk sambil tepuk-tepuk perlahan. Sangat sesuai untuk kulit normal cenderung berminyak.

3. Sebagai Pelembab
Madu juga dapat digunakan sebagai pelembab, yakni dengan cara campurkan 2 sendok makan madu dan 2 sendok makan susu. Lalu aduk hingga rata. Oleskan pada wajah dan leher, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk mengatasi kulit kering.

4. Pelembab Bibir

Tak hanya bermanfaat sebagai pelembab wajah saja, madu juga bisa digunakan sebagai pelembab bibir. Oleskan madu pada bibir setiap malam menjelang tidur. Langkah ini untuk membantu melembabkan dan melembutkan bibir, sekaligus menghindari kulit bibir pecah-pecah.

5. Scrub Mengangkat Sel Kulit Mati
Madu juga bisa digunakan untuk scrub yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati secara perlahan sekaligus nutrisi dan menjaga kelembapan kulit. Langkah yang harus dilakukan yaitu dengan cara campurkan 1 sendok makan kaolin (sejenis mineral alami yang dapat diperoleh di toko bahan kimia), 1 sendok teh tepung biji gandum, 1 jumput tepung kayu manis, dan 1 sendok makan madu. Lalu oleskan pada wajah dan leher, kemudian gosok dengan gerakan melingkar. Bilas dengan air hangat.

6. Untuk Berendam
Selain sebagai scrub, Anda dapat pula memakai madu untuk berendam. Campur ¼ cangkir susu bubuk full cream, ½ cangkir madu, dan 4 tetes minyak esensial mawar atau lavender dalam wadah. Kemudian masukan campuran tersebut ke dalam bath tub yang telah diisi air hangat. Berendamlah selama kurang lebih 15 menit. Selain relaksasi, berendam dengan campuran madu dan susu dapat membantu meningkatkan kelembapan dan kehalusan kulit.

7. Masker Rambut
Tak sekadar untuk kecantikan kulit, madu juga dapat bermanfaat sebagai conditioner dan masker rambut. Bagi Anda yang ingin memakai madu untuk conditioner, campurkan ½ cangkir madu dan ¼ cangkir minyak zaitun. Lalu oleskan pada rambut sedikit demi sedikit sampai melapisi seluruh rambut, diamkan 30 menit, cuci dengan sampo dan bilas dengan baik.
Sementara itu, bila Anda ingin memakai madu sebagai masker rambut, campur ¼ cangkir madu, 2 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok the air jeruk nipis. Oleskan pada kulit kepala dan rambut sambil dipijat. Kemudian tutup rambut dengan shower cap dan diamkan selama 15-30 menit agar meresap sempurna. Selanjutnya, bilas hingga bersih dengan air hangat dan sampo.

8. Madu bisa dijadikan bahan masker untuk kulit kering.
Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan madu dengan pisang matang. Campurkan keduanya hingga rata (bila perlu menggunakan blender). Kemudian, usapkan di permukaan kulit wajah hingga merata. Diamkan sekitar 30 menit dan bersihkan dengan menggunakan air dingin. Pemaskeran ini bisa dilakukan minimal 2 kali seminggu.

9. Menghaluskan kulit kaki yang kering dan pecah-pecah.
Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan 2 gelassusu hangat dengan segelas madu (perbandingan 2 : 1) ke dalam baskom. Kemudian, masukkan kedua kaki ke dalam baskom tersebut. Diamkan selama 15 menit sambil diurut-urutkan. Cara-cara ini juga bisa dipakai dalam perawatan kulit lutut, siku, tangan, atau bagian-bagian tubuh Anda yang lain yang ingin menjadi lebih lembut.

10. Untuk Lotion
Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan satu sendok teh madu, satu sendok teh minyak biji anggur, satu sendok tehjus lemon, dan tiga tetes minyak lavender. Aduk semua bahan hingga rata dan usapkan di seluruh permukaan kulit tubuh setiap setelah mandi pagi.

11. Membersihkan kulit tubuh, kulit kepala, dan rambut.
Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara melarutkan segelas madu di dalam air mandi. Gunakan air mandi ini untuk membilas tubuh, kepala, dan rambut Anda setiap mandi.

12. Sebagai obat jerawat dan penghilang noda bekas jerawat.
Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan sesendok madu dengan sedikit bubuk kayu manis. Kemudian, usapkan campuran ini pada bagian yang berjerawat atau noda berjerawat. Diamkan selama satu malam dan bersihkan di pagi hari. Lakukan hal ini berulang-ulang minimal selama satu minggu.


SELAMAT MENCOBA.. ! SEMOGA BERMANFAAT..........


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Madu Bagi Kesehatan Dan Kecantikan, Tanpa Mahal Yang Perlu Anda Coba"

Post a Comment