Cara Menghilangkan Noda Hitam Membandel Dengan Alami


Kehadiran noda hitam bisa membuat wajah anda terlihat kurang menarik dan terlihat lebih tua daripada umur anda sebenarnya. Tentu saja anda bisa menggunakan makeup untuk menutupinya, tapi cara itu tidak akan menyelesaikan akar masalah dan juga tidak bisa dilakukan oleh para pria.

Banyak orang dewasa yang tidak percaya diri ketika pada bagian tubuhnya terdapat noda hitam bekas luka. Buat cowok mungkin tidak masalah, tetapi buat wanita, itu adalah masalah besar baginya. Terlebih lagi bila ia memiliki kulit putih bersih, 1 atau 2 noda bekas luka di bagian tubuhnya bisa membuat dirinya sangat risau.

Bagi sebagian laki-laki dewasa juga ada yang mengalami rasa tidak percaya diri ketika di bagian tubuhnya terdapat hitam bekas luka. Pada beberapa waktu lalu saya telah membahas mengenai cara menghilangkan bekas jerawat , sebenarnya ada kemiripan tips di antara keduanya. Tetapi kali ini ada beberapa tambahan cara menghilangkan bekas luka hitam pada kulit secara alami.


Cara Menghilangkan Noda Hitam Membandel Dengan Alami


Penyebab Noda Hitam 

Noda hitam adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pigmentasi berlebih pada kulit yang biasanya mulai terlihat pada wajah orang yang menginjak usia 40an.

Noda hitam ini timbul karena melanin yang dihasilkan tubuh berkumpul di satu area, dan bisa terjadi karena beberapa faktor, diantaranya:
  • Ada beberapa orang yang tubuhnya memproduksi melanin secara berlebih. 
  • Terkena paparan sinar matahari terlalu lama. Terlalu lama berada di luar ruangan dan tidak menggunakan perlindungan, seperti topi yang menutupi wajah atau tabir surya biasanya baru bisa terlihat efeknya beberapa tahun kemudian, terutama setelah menginjak usia 40an. Terkena paparan sinar matahari terlalu sering juga akan memecah kolagen dan melemahkan kulit, sehingga bisa cepat menimbulkan keriput, dan noda hitam pada wajah. 
  • Beberapa jenis jerawat akan meninggalkan noda hitam pada kulit wajah, terutama bila dipencet. 
  • Ada beberapa kandungan dalam obat yang bisa membuat kulit anda lebih sensitif meskipun tidak terkena sinar matahari seperti estrogen, sulfonamide, dan tetrasilin. 
  • Kondisi Kesehatan. Noda hitam juga akan terlihat pada orang yang menderita penyakit hati, penyakit Addison, hemakromatosis, atau tumor pituitari. 
Perusahaan kosmetik membuat beberapa produk yang bisa mengatasi noda hitam atau noda gelap pada kulit secara efektif. Tapi krim wajah yang kuat seringkali mengandung bleach atau pemutih yang malah bisa menyebabkan kulit iritasi bila digunakan terlalu sering.

Daripada menambah masalah pada wajah, sebaiknya anda menggunakan bahan alami yang lebih aman untuk menghilangkan noda hitam, seperti berikut ini:

1. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang bisa mengelupas sel kulit mati dan bisa mencerahkan kulit wajah. Caranya mudah sekali:

Ambil sepotong pepaya matang yang sudah dikupas kulitnya.

§ Hancurkan hingga berbentuk pasta kental.
§ Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit.
§ Bilas dengan air.

2. Gunakan Daun Kapuk Randu

Daun kapuk randu termasuk mudah didapatkan di sekitar kita. Cara menghilangkan bekas luka dengan kapuk randu yakni pertama-tama anda harus mengambil beberapa helai daun kapuk randu, kemudian cuci bersih-bersih dan gosokkan pada bagian bekas luka, lakukan selama 2 kali sehari, tetapi bila anda mengalami gatal-gatal maka segera hentikan pemakaian

3. Gunakan Teh basi

Teh basi yang terkumpul di gosokkan pada bagian bekas luka selama 10-15 menit. Kemudian bersihkan sisa-sisa teh menggunakan air bersih, lakukan minimal 2 kali seminggu

4. Gunakan madu + Putih telur

Jika di rumah anda terdapat madu asli maka dapat menggunakannya untuk mengurangi bekas luka hitam pada kulit anda. Caranya yaitu ambil beberapa tetes madu asli dan campurkan dengan putih telur (telur yang telah dipisahkan dari kuningnya), kemudian oleskan pada bagian luka yang membekas. Setelah itu bersihkan sisa madu tersebut dan lakukan secara rutin.

5. Susu

Ternyata susu bukan hanya sehat untuk diminum, tetapi juga sangat berguna untuk mencerahkan kulit wajah. Asam laktat dalam susu bisa mengelupas kulit mati dan membersihkan pori kulit wajah serta mencerahkan noda hitam.

Basahi bola kapas dengan susu dan gosokkan perlahan dengan gerakan memutar pada wajah. Lakukan setiap hari selama 5 menit hingga anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

6. Gunakan jus lemon/Jeruk

Kandungan vitamin di dalam Jeruk dan lemon dapat menghilangkan bekas hitam pada luka di kulit kita. Untuk jus lemon : perasan lemon atau jus lemon di tetesi pada bagian bekas luka, kemudian diamkan selama 15 menit. Lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan 2-3 kali sehari, maka hasilnya akan terlihat selama 2 minggu. Ingat jangan terlalu lama menggunakan lemon di kulit, sebab rasanya sangat asam dan dapat membuat kulit menjadi iritasi.

Untuk jeruk nipis prosesnya sama saja. Ambil 1 buah jeruk nipis kemudian belah menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan pada bagian bekas luka. Kemudian bilas menggunakan air hangat. Anda mungkin akan merasakan pedis yang luar biasa pada kulit anda, tetapi itu adalah upaya untuk menghilangkan bekas luka pada kulit anda.

7. Vitamin E

Alpha tocopherol atau vitamin E baik sekali untuk membantu menyingkirkan radikal bebas yang bisa mempercepat proses penuaan dan menimbulkan noda hitam. Vitamin E juga mengandung antioksidan dan pelembab alami.

Anda bisa mengkonsumsi tablet vitamin E, atau mengoleskan minyak almond secara langsung pada kulit. Jangan lupa juga untuk selalu mengkonsumsi bahan makanan kaya vitamin E seperti:

§ Sayuran berdaun hijau
§ Alpukat
§ Kerang
§ Ikan
§ Brokoli

8. Gunakan Kentang

Kentang yang telah di cuci bersih kemudian di potong dan diiris tipis, lalu tempelkan pada bagian kulit yang menjadi bekas luka. Lakukan pada malam hari secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Lidah Buaya

Meski terkenal karena kemampuannya untuk menghilangkan bekas luka bakar ringan, lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengurangi kemunculan noda hitam.

Cukup oleskan getah lidah buaya secara perlahan pada wajah, dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas. Lidah buaya juga sangat efektif untuk mencerahkan noda hitam yang timbul akibat jerawat.

7. Oatmeal

Salah satu cara untuk mencerahkan noda hitam adalah dengan mengelupas sel kulit mati pada wajah dengan menggunakan persediaan oatmeal anda di rumah. Lakukanlah beberapa langkah mudah ini:

  • Blender oatmeal hingga menjadi bubur 
  • Letakkan 2 sendok makan oatmeal bubuk ke dalam mangkuk kecil 
  • Tambahkan 2 sendok makan air perasan lemon 
  • Aduk hingga tercampur rata seperti pasta 
  • Oleskan pada wajah sambil digosokkan secara perlahan dengan gerakan memutar menggunakan jari, lakukan selama 3 menit 
  • Diamkan masker selama 15 menit 
  • Bilas dengan air hangat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghilangkan Noda Hitam Membandel Dengan Alami"

Post a Comment