Khasiat Lidah Buaya

Khasiat Lidah Buaya


Lidah buaya atau yang dalam nama latinnya disebut dengan Aloe vera adalah tanaman yang tumbuh di iklim tropis dengan bentuk menyerupai kaktus. Tanaman ini telah banyak digunakan oleh masyarakat karena berbagai manfaat dan khasiatnya.

Bagian gel dan lateks dari tanaman ini paling sering digunakan untuk pengobatan. Anda dapat menemukan kandungan gel pada bagian dalam dari daging daun lidah buaya, sedangkan kandungan lateks dapat anda dapatkan tepat di bawah kulit tanaman tersebut dengan warna kekuningan.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat dari tanaman ini, anda dapat langsung mengkonsumsinya atau anda dapat menjadikannya sebagai obat oles untuk pemakaian luar tubuh. Berikut
manfaat lidah buaya yang wajib anda ketahui dan tidak boleh anda lewatkan:

1. Menghilangkan Jerawat

Salah satu manfaat lidah buaya yang telah terbukti khasiatnya yaitu sebagai obat jerawat. Lidah buaya mengandung senyawa aktif yang disebut polifenol sebagai agen anti bakteri.
Komponen ini dapat membantu menghilangkan jerawat pada wajah anda dengan mencegah pertumbuhan bakteri yang memicu terbentuknya jerawat.

1. Jangan lupa untuk mencuci wajah anda terlebih dahulu
2. Oleskan kandungan gel lidah buaya pada bagian wajah yang berjerawat setiap pagi dan sore.

Selain itu, untuk hasil yang lebih optimal, penggunaan gel lidah buaya sebagai obat jerawat 35% lebih efektif bila diikuti dengan penggunaan obat jerawat dari dokter.
2. Mempercepat penyembuhan luka di kulit
Lidah buaya memiliki senyawa yang dapat mempercepat penyembuhan luka di kulit yang disebut dengan glukomanan dan gliberelin. Senyawa ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan pembentukan kolagen di area sekitar luka sehingga pembentukan jaringan baru dapat berlangsung lebih cepat.
Selain itu, senyawa aktif ini juga dapat mencegah kematian sel di daerah sekitar luka sehingga mengurangi munculnya bekas luka.

1. Cuci luka hingga bersih
2. Pastikan perdarahan pada luka sudah berhenti.
3. Jika luka sayatan masih berdarah, hentikan perdarahan terlebih dahulu dengan menekan luka 
    menggunakan kasa.
4. Oleskan gel lidah buaya ke bagian luka secara merata.
Perlu diingat bahwa penanganan luka terbuka harus selalu dalam keadaan bersih, begitu pula dengan lidah buaya yang digunakan harus dicuci terlebih dahulu.
3. Membantu mengobati herpes
Herpes adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi Herpes Simplex Virus (HSV). Penyakit kulit ini kerap ditemui dengan ciri berupa bintik-bintik merah bergerombol yang berisi gelembung-gelembung air pada kulit, yang terasa panas dan gatal.
Herpes bersifat kambuh-kambuhan atau dapat muncul kembali setelah sembuh bila sistem imun anda sedang turun.

1. Untuk mengobati herpes, bagian lidah buaya yang dapat digunakan adalah 0.5% ekstrak lidah 
    buaya yang telah diolah dalam bentuk krim.
2. Anda dapat menemukan produk ini dengan berbagai merk di pasaran. Oleskan krim ini 3x sehari        selama 5 hari sampai 2 minggu.

Perlu diingat bahwa lama penyembuhan penyakit herpes sangat ditunjang oleh sistem imun tubuh yang baik.
4. Mempercepat penyembuhan sariawan atau luka di mulut
Khasiat Lidah Buaya



Jarang sekali kita mendapati mulut kita mengalami sariawan akibat tergigit, terluka saat menyikat gigi dengan keras, ataupun saat kita kekurangan vitamin C.
Untuk mempercepat penyembuhan luka sariawan, anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai campuran saat berkumur atau langsung mengoleskan gel lidah buaya pada bagian yang mengalami luka. Kandungan vitamin C lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan sariawan.
Selain itu, kandungan zat lupeol dalam lidah buaya bersifat sebagai antiseptik dan membantu mengurangi rasa nyeri di mulut.

1. Untuk penggunaan gel lidah buaya secara langsung, anda dapat mengoleskan 2-3x sehari sampai 
    luka sariawan sembuh.
2. Sedangkan sebagai larutan kumur, anda dapat melarutkan 2 sendok makan gel lidah buaya ke         
    dalam air bersih dan gunakan untuk berkumur selama 2 menit.

Lakukan cara ini 4x sehari untuk mempercepat penyembuhan luka sariawan. Metode ini telah terbukti memiliki efek penyembuhan yang sama dengan penggunaan obat kortikosteroid yang biasa dioleskan untuk menyembuhkan luka di mulut.

5. Mengobati sengatan matahari
Tanaman ini bermanfaat sebagai penyejuk dan menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Bahkan para ahli dermatologi di Amerika merekomendasikan pemakaian pelembab kulit yang mengandung aloe vera atau kedelai untuk mengurangi gejala kulit terbakar matahari. Kita juga bisa menggunakan gel aloe vera ke bagian kulit tersebut.

6. Mengatasi iritasi
Mungkin Anda pernah merasa frustasi dengan kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, atau rosacea yang diderita. Tak ada salahnya mencoba menggunakan aloe vera yang dioleskan ke kulit untuk mengatasinya.

7. Melembabkan kulit
Khasiat Lidah Buaya

Perawatan kulit dengan lotion memang suatu hal yang wajar. Namun, menurut riset dari The Indian Journal of Dermatology, lidah buaya tidak hanya kaya akan vitamin A,C dan E, tapi juga mengandung mineral dan antioksidan yang mengikat sel kulit untuk melembutkan lapisan luar dan memperbaiki kondisi kulit. Aloe vera ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kulit kering.


8. Mencegah penuaan dini
Menurut riset dari the Annals of Dermatology, lidah buaya terbukti memiliki efek anti penuaan. Cara kerjanya dengan meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, lidah buaya mengandung zink yang berfungsi untuk mengencangkan kulit, memperkecil pori-pori dan meningkatkan elasitisitas kulit.

9. Mengatasi kulit kering karena cuaca dingin
Lidah Buaya mengandung anti virus yang bisa membantu melawan herpes. Selain itu, kandungan antiflamasinya berfungsi untuk menenangkan dan menyembuhkan iritasi. Untuk pertolongan pertama, oleskan lidah buaya pada kulit yang pecah-pecah karena cuaca dingin.

10. Mengurangi plak gigi
Jika obat kumur menjadi rutinitas kebersihan harian Anda, pertimbangkan kembali hal ini. Obat kumur memang mampu menjadi alternatif untuk membasmi kuman di mulut, namun kandungan alkohol yang tinggi bisa menyebabkan mulut kering dan sensitif.
Sebagai alternatif alami, cobalah menggantinya dengan lidah buaya. Dilansir dari Journal of Health, jus lidah buaya murni ternyata efektif untuk mengurangi plak sebagai bahan obat kumur generik. Ramuan ini memiliki fungsi sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.


Itulah beberapa manfaat lidah buaya yang sanagt kaya akan manfaat dan yang bisa anada coba di rumah. Selamat Mencoba!!!




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat Lidah Buaya"

Post a Comment