Khasiat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Anda

Buah tomat merupakan salah satu buah yang identik dengan warnanya yang merah menyala. Semua orang tentu sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Buah tomat dapat di makan secara langsung maupun sebagai pelengkap masakan serta di buat sambal. Karena tomat merupakan salah satu jenis buah-buahan, maka tak mengherankan, jika buah tomat mengandung aneka nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Berbagai manfaat dahsyat tomat bagi kesehatan mulai terungkap dari berbagai penelitian. Lalu, apa saja manfaat dahsyat tomat bagi kesehatan tubuh tersebut...??

Kandungan Nutrisi Tomat
Khasiat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Anda

Nutrisi di dalam satu porsi tomat mentah (satu Cangkir atau 150 gram) meliputi, vitamin A, C, K, folat dan kalium. Tomat mengandung sodium, lemak jenuh, kolesterol dan kalori yang rendah. Sebagian besar dari kita tidak menyadari dengan asupan mineral yang cukup, namun tomat menyajikan kandungan mineral yang baik seperti thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, FOSFOR dan tembaga.
Tomat juga mengandung empat jenis karotenoid utama yaitu alpha, betakaroten, lutein, dan lycopene. Karotenoid ini dapat bermanfaat secara individu, tetapi juga memiliki sinergi sebagai sebuah kelompok (yaitu, mereka berinteraksi untuk memberikan manfaat kesehatan). Secara khusus, tomat mengandung jumlah yang mengagumkan dari lycopene yang diperkirakan memiliki manfaat antioksidan yang paling tinggi dari semua karotenoid.
Menurut sebuah studi dari Ohio State University, tomat yang dikonsumsi bersama dengan lemak sehat, seperti yang terdapat pada manfaat alpukat atau manfaat minyak zaitun, dapat membantu penyerapan phytochemical karotenoid pada tubuh hingga meningkat 2 sampai 15 kali. Semua ini merupakan nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tubuh yang baik.

Khasiat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Anda


Sahabat, tips kesehatan. Buah tomat merupakan salah satu buah yang relatif murah dan mudah didapatkan di lingkungan kita. Sehingga tak mengherankan, tomat selalu ada baik di area dapur maupun di lemari es. Faktanya lainnya, buah ini mengandung sumber vitamin A, C, K, kalium, folat, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, termbaga serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori maupun kolesterol. Inilah yang menjadikan red of fruit ini menjadi salah satu buah yang wajib dikonsumsi setiap hari. Berdasarkan berbagai kandungan nutrisinya, berikut ini manfaat dahsyat tomat bagi kesehatan tubuh anda .

1.  Menyehatkan Sistem Pencernaan

Buah tomat mengandung sumber serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh khsususnya sistem pencernaan. Untuk itulah, sangat dianjurkan mengkosumsi tomat sebagai salah satu cemilan yang menyehatkan tubuh tentunya.

2. Nutrisi Untuk Tulang

Sumber vitamin K pada buah tomat sangat efektif untuk mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis). Maka dari itulah, buah tomat sangat di anjurkan untuk dikonsumsi di berbagai jenjang usia baik anak-anak, remaja, dewasa maupun para lansia.

3. Nutrisi Untuk Rambut

Sumber vitamin A pada tomat juga sangat baik untuk menyehatkan, memperindah dan memperkuat mahkota kepala (rambut) dari ujung hingga akar rambut anda.

4. Dapat melindungi kulit dari sengatan matahari

Di dalam buah tomat terdapat kandungan zat likopen yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sengatan matahari secara langsung..
Caranya yaitu dengan menggosok-gosokan buah tomat pada kulit yang tidak terlindungi.

5. Dapat mencegah kanker
Antioksidan yang di miliki oleh buah tomat dapat berguna dalam mencegah tumbuhnya penyakit kanker seperti kanker usus, kanker prostat kanker tenggorokan, kanker lambung dan kanker ovarium. Untuk mencegahnya, disarankan agar rutin mengkonsumsi buah tomat setiap hari, karena cara ini merupakan cara paling ampuh dan efektif dalam membunuh sel-sel penyebab kanker.
6. Dapat mencegah penyakit diabetes
Di dalam buah tomat mengandung zat kromium, zat inilah yang mampu mencegah penyakit kanker dengan cara menyeimbangkan kadar gula di dalam darah. Sehingga kita akan terhindar dari bahaya penyakit diabetes, caranya yaitu dengan mengkonsumsi langsung buah tomat yang segar secara rutin.

7. Dapat meningkatkan kesehatan mata
Apabila terdapat penurunan di dalam penglihatan, segera lakukan pencegahan dengan cara mengkonsumsi buah tomat setiap hari. Hal ini dapat meningkatkan penglihatan mata dengan efektif, karena buah tomat kayak an vitamin A yang dapar bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata kita.

8. Dapat menyehatkan rambut dan kulit kepala
Buah tomat juga dapat digunakan sebagai bahan untuk melakukan perawatan rambut, hal ini dapat bermanfat dalam mencegah rambut rontok, rambut kering, rambut berminyak, ketombe, menghaluskan dan melembutkan rambut anda. Caranya yaitu dapat anda konsumsi langsung buahnya atau dengan menghaluskan buah tomat menggunakan blender, lalu tambahkan 2 sendok makan madu kemudian aduk rata. Setelah itu, campuran ini dapat anda gunakan sebagai conditioner rambut sampai merata. Selanjutnya bersihkan dengan air bersih dan rasakan hasilnya. Lakukan perawatan ini secara rutin 1 minggu sekali.

9.Dapat menghilangkan jerawat
Cara untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan buah tomat yaitu dengan mengkonsumsi langsung buahnya setiap hari dan dibantu dengan perawatan luar.


Demikian artikel, tentang manfaat buah tomat, somoga bermanfaat...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Anda"

Post a Comment