Manfaat Buah Dan Kulit Manggis Yang Sangat Berguna Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Dan Kulit Manggis Yang Sangat Berguna Untuk Kesehatan


Manggis memiliki nama latin Garcinia mangostana L dan termasuk ke dalam keluarga Clusiaceae. Buah manggis dikenal dengan sebutan Queen fruit atau ratunya buah dan yang menjadi rajanya adalah durian. Sementara buah nangka dikenal dengan sebutan jack fruit.



Buah manggis memiki daging berwarna putih dengan tekstur sedikit berserat namun renyah. Rasanya sangat manis dan menyegarkan karena mengandung banyak air. Namun siapa sangka, bagian paling bermanfaat dari buah manggis justru ada pada kulit buahnya. Ya, belakangan ini kulit buah manggis menjadi begitu populer karena berdasarkan penelitian memiliki manfaat yang begitu besar untuk kesehatan.

Kandungan Kulit Buah Manggis


  • Mengandung Xamthone
Komponen aktif utama dari buah manggis disebut xanthones. Xanthone adalah sejenis senyawa polifenol yang baru ditemukan yang secara biologis aktif dan secara struktural mirip dengan bioflavanoids. Senyawa ini jarang terdapat di alam, paling banyak ditemukan hanya dalam dua keluarga tanaman. 200 jenis xhantones alami yang sejauh ini telah diidentifikasi. Sekitar 40 jenis diantaranya telah ditemukan dalam buah manggis.

Xanthone dan turunannya telah terbukti memiliki beberapa manfaat, termasuk anti-inflamasi dan anti-alergi. Ada juga komponen lain dari buah manggis yang memiliki kualitas obat, termasuk polisakarida, sterol, proanthocyanidins dan catechin, sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan fungsi tubuh.
  • Rendah Kalori
Selain memiliki rasa yang lezat buah manggis juga rendah kalori. Cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang berdiet untuk menurunkan berat badan. Terdapat 63 kalori per 100 gr buah manggis. Tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Selain itu, buah manggis juga dapat mencukupi kebutuhan serat tubuh sebanyak 13 persen per 100 gramnya.
  • Kaya Vitamin C
Buah manggis dapat memenuhi kebutuhan vitamin c tubuh sebesar 12 persen per 100 gram daging buahnya. Vitamin C merupakan vitamin larut air yang bekerja kuat sebagai antioksidan. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit seperti, flu, infeksi, hingga kanker.
  • Vitamin B Kompleks
Buah manggis juga mengandung vitamin B kompleks seperti thiamin, niacin, dan folat. Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor dalam memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

1. Mencegah Kanker
Manfaat Buah Dan Kulit Manggis Yang Sangat Berguna Untuk Kesehatan



Kulit manggis sangat disarankan untuk dikonsumsi seseorang yang rentan terkena penyakit kanker ataupun yang telah mengidapnya. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam kulit manggis sangat berperan dalam melawan radikal bebas yang memicu pertumbuhan sel kanker.


Selain itu, bagi yang telah memiliki sel kanker di dalam tubuhnya, kulit manggis memiliki kemampuan anti proliferasi yang berarti dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Hal ini akan sangat membantu dalam pengobatan kanker itu sendiri.


Namun, perlu diingat bahwa kulit manggis tidak dapat membunuh sel kanker secara total. Oleh karena itu, pengobatan secara medis harus tetap dilakukan.

2. Mencegah penuaan dini



Kandungan antioksidan dalam kulit manggis juga sangat bermanfaat dalam mencegah penuaan dini. Manfaat menakjubakan ini dimiliki oleh kulit manggis, karena antioksidan yang dimilikinya membuang sel-sel mati yang lama dan membantu proses regenerasi sel yang baru.


Anda dapat melihat manfaat kulit manggis ini secara kasat mata pada kulit Anda, di mana kulit manggis dapat mecegah keriput pada kulit Anda.

3. Mencerahkan kulit
Manfaat Buah Dan Kulit Manggis Yang Sangat Berguna Untuk Kesehatan




Dengan adanya kandungan vitamin C didalamnya, membuat kulit manggis dapat diandalkan untuk mencerahkan wajah yang kusam dan berminyak. Vitamin C telah terbukti di berbagai penelitian sebagai agen pemutih kulit.


Selain itu, kulit manggis juga memiliki kemampuan untuk memicu pembentukan kolagen yang diperlukan dalam menjaga kulit tetap kencang dan tampak muda.

4. Membantu mengobati jerawat



Efek anti inflamasi atau anti peradangan yang dimiliki oleh kulit manggis dapat berperan dalam membantu menghilangkan jerawat dan mencegah munculnya jerawat dikemudian hari.


Selain itu, kulit manggis juga mengandung agen anti bakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh



Kulit manggis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang sangat berperan dalam pertahanan sistem imun tubuh. Vitamin ini akan senantiasa mengaktifkan kekebalan tubuh kita sehingga apabila ada kuman infeksi yang hendak menyerang, tubuh telah siaga untuk menghadangnya.


Kulit manggis juga baik untuk dikonsumsi bagi seseorang yang telah menderita sakit. Kulit buah ini akan membantu mempercepat masa pemulihan seseorang dari sakitnya.

6. Diet yang baik bagi penderita diabetes



Kulit manggis memiliki kandungan kalori yang rendah. Hal ini menjadikan kulit manggis sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes . Selain itu, kandungan serat yang dimiliki oleh kulit manggis dapat membantu mengontrol kadar gula darah penderita diabetes agar tetap berada pada rentang normal.


Serat akan membantu mendistribusikan gula ke sel-sel organ agar dapat digunakan dengan baik dan tidak menumpuk di dalam darah.


Namun, tetap saja pola hidup sehat yang lain seperti menjaga pola dan jenis makanan yang dikonsumsi, serta aktivitas fisik yang teratur tetap harus dilaksanakan untuk mendapatkan kontrol yang maksimal dari diabetes.

7. Melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi



Kulit manggis mengandung serat yang cukup tinggi yang berguna untuk melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi/ sembelit.


Serat pada kulit manggis akan membantu usus menyerap nutrisi makanan dengan lebih baik dan mendorong sisa pencernaan makanan untuk dikeluarkan dengan lebih mudah.

8. Membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah

Kulit manggis memiliki kemampuan untuk menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) serta trigliserida melalui serat yang dimilikinya.
Serat tersebut akan membantu mengikat dan mengantarkan kolestrol untuk segera diproses menjadi asam empedu dan dikeluarkan dari dalam tubuh sehingga tidak terjadi penumpukan di dalam darah yang dapat menimbulkan komplikasi penyakit lainnya.

9. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat Buah Dan Kulit Manggis Yang Sangat Berguna Untuk Kesehatan



Dengan kadar kolesterol yang dapat dikontrol dalam rentang normal, hal ini membuat kulit manggis juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan jantung.
Kadar kolesterol yang normal akan menghindari terbentuknya plak kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah terutama pembuluh darah jantung.
Selain itu, kulit manggis juga memiliki zat aktif yang berperan sebagai kardioprotektor (pelindung jantung) yang dapat mencegah penyakit jantung, seperti penyakit jantung rematik dan kematian mendadak sel-sel jantung.


10. Mencegah penyakit stroke
Kulit manggis dapat mencegah stroke karena dapat melindungi pembuluh darah dari kekakuan.
Zat antioksidan yang dimiliki oleh kulit manggis dapat mempertahankan dinding pembuluh darah tetap elastis dan tidak mengalami pengerasan dini. Hal ini dapat mencegah penyakit stroke dan juga penyakit penyumbatan pembuluh darah yang lain.

11. Membersihkan racun di tubuh

Antioksidan pada kulit manggis juga dapat mengikat senyawa kimia dan zat racun yang masuk ke dalam tubuh baik melalui asap polusi, rokok, makanan yang terkontaminasi ataupun efek radiasi. Zat-zat yang berbahaya ini akan dikeluarkan dari tubuh dengan cepat melalui urin (kencing).

Jika racun tersebut masuk ke dalam usus, antioksidan pada kulit manggis akan melindung lapisan usus agar tidak berkontak langsung dengan zat-zat tersebut sehingga risiko timbulnya kanker usus dapat dicegah.

12. Menjaga kesehatan mata

Manfaat Buah Dan Kulit Manggis Yang Sangat Berguna Untuk Kesehatan

Kulit manggis juga memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan mata. Vitamin A dapat menjaga ketajaman penglihatan mata dan melindungi mata dari kebutaan mendadak, misal akibat glaukoma atau kerusakan titik tangkap cahaya pada mata.

13. Mempertahankan kepadatan tulang

Mineral kalsium juga dimiliki oleh kulit manggis di mana mineral ini sangat berperan dalam menjaga kepadatan tulang dan mencegah pengroposan tulang.
Bila dikonsumsi oleh anak usia remaja, kulit manggis dapat menunjang pertumbuhan anak-anak dengan lebih optimal, mereka dapat tumbuh tinggi dengan tulang yang semakin kuat.

14. Menjaga stamina dan meningkatkan kebugaran tubuh

Selain kandungan vitamin C nya, kandungan vitamin B kompleks dalam kulit manggis juga dapat menjaga stamina dan meningkatkan kebugaran tubuh. Vitamin B berperan penting dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak untuk selanjutnya diproses menjadi sumber tenaga yang bermanfaat bagi aktivitas dan metabolisme organ tubuh yang lain.

Selain itu, vitamin B juga dapat meningkatkan koordinasi sistem saraf tubuh manusia agar dapat melakukan fungsinya dengan lebih baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Dan Kulit Manggis Yang Sangat Berguna Untuk Kesehatan "

Post a Comment