Manfaat Buah Mengkudu Yang Sangat Cocok Untuk Kesehatan Anda


Tak banyak yang tahu kalau sebenarnya buah mengkudu, alias buah noni, merupakan bagian dari spesies keluarga kopi. Buah hijau eksotis seukuran kentang ini sendiri memang tidak enak rasanya dan mengeluarkan bau busuk yang sedikit tajam, sehingga lebih sering dikonsumsi dalam bentuk jus maupun suplemen makanan. Meski penampilannya yang kurang menggoda selera, ternyata ada banyak manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yang mungkin tidak pernah Anda ketahui sebelumnya.

Manfaat Buah Mengkudu Yang Sangat Cocok Untuk Kesehatan Anda



Ciri-Ciri Tanaman Mengkudu atau Pace

Ada banyak sekali tanaman yang hampir mirip dengan mengkudu atau pace, oleh sebab itu sebelum mengonsumsinya Anda harus mengetahui ciri-ciri tanaman mengkudu atau pace yang asli. adapun ciri-cirinya antara lain:

  • Pohon - pohon mengkudu tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah, biasanya hanya mencapai ketinggian 4-6 meter saja. selain itu pohon mengkudu kaku, akarnya tunggang, dan memiliki dahan yang kasar. Sedangkan untuk warna pohonnya, lebih kecoklat abu-abuan. 
  • Daun - daun pohon mengkudu memiliki ukuran yang cukup tebal, berhadap-hadapan, rata, dan biasanya besar-besar. 
  • Bunga - pada bagian bunga, ciri tanaman mengkudu adalah berbunga hampir mirip dengan corong sepanjang 1.5 cm dan memiliki tangkai bunga sepanjang 4 cm. 

Apabila tanaman mengkudu yang Anda temukan tidak sesuai dengan ciri-ciri tersebut, maka STOP jangan konsumsi buah dari tanaman tersebut. Bisa jadi itu bukan mengkudu melainkan tanaman lain.


Manfaat Mengkudu


1. Menghilangkan sakit kepala

Sakit kepala dapat muncul karena adanya penegangan pada bagian otot dan saraf pusat. Meski hanya sebatas sakit kepala ringan, tetapi jika dibiarkan itu akan sangat berbahaya sekali. 

Menurut penelitian, manfaat buah mengkudu untuk mengobati sakit kepala terbilang cukup besar. sebab dalam buah berjuluk “pace” ini mengandung senyawa analgesik sebesar 75 %. 

Tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit kepala saja, tetapi kandungan analgesik tersebut juga terbukti mampu mengurangi rasa nyeri. Bahkan keampuhannya melebihi morfin sulfat. 


2. Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) 

Khasiat buah mengkudu bagi hipertensi yang Anda alami juga tidak boleh dianggap sepele. Buah satu ini dipercaya mengandung senyawa xeronin, kandungan senyawa inilah yang sangat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah. 

Selain membantu menurunkan tekanan darah, kandungan zat fitonutrien yang terdapat dalam mengkudu dipercaya juga mampu melebarkan pembuluh darah, sehingga akan meringankan kinerja organ jantung Anda secara maksimal.


3. Melancarkan sistem pencernaan 

Tidak hanya buah pepaya saja yang kaya akan serat, tetapi buah mengkudu pun juga termasuk buah yang kaya akan kandungan tersebut. bahkan kandungan serat pada mengkudu bisa dikatakan lebih berkhasiat dari pada buah pepaya. 

Ada banyak sekali manfaat buah mengkudu bagi pencernaan, mulai dari melancarkan BAB sampai dengan mengatasi adanya diare atau disentri. 

Untuk mendapatkan khasiat buah pace tersebut, Anda dapat mengonsumsinya secara langsung dan juga membuatnya menjadi jus segar. Namun usahakan sebelum mengonsumsi makanan dalam porsi besar setiap harinya. 


4. Anti inflamasi 

Peradangan dapat terjadi dimana saja, mulai dari sendi sampai peradangan pada bagian kulit. untuk mencegah dan mengatasi kondisi tersebut, ada baiknya Anda memperbanyak konsumsi buah mengkudu.

Buah mengkudu mengandung senyawa yang bersifat anti-inflamasi, senyawa inilah yang membantu kita mengatasi dan mencegah adanya peradangan.Bahkan apabila dikonsumsi secara rutin, kandungan analgesik pada buah tersebut akan sangat mujarab untuk mengurangi rasa nyeri akibat peradangan tersebut.


5. Mampu meningkatkan sistem imun tubuh 

Inilah manfaat buah mengkudu bagi kesehatan yang sebenarnya. Mengonsumsi mengkudu secara rutin menurut para ahli akan sangat baik untuk meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. 

Buah mengkudu mengandung berbagai macam mineral alami, peptida, vitamin C, E, dan koenzim Q10. Kandungan-kandungan tersebutlah yang menjadi alasan khasiat buah mengkudu bagi sistem imun sangatlah besar sekali. 

Dengan meningkatkatnya sistem imun tubuh, maka tubuh Anda tidak akan mudah terserang penyakit. Terutama penyakit-penyakit ringan seperti flu, batuk, pilek, pusing, masuk angin, dan sejenisnya. 


6. Membunuh kuman dan bakteri dalam tubuh 

Musuh terbesar manusia adalah kuman dan bakteri, sebab dari kedua mahluk biotik ini tubuh kita akan sangat mudah sekali terserang yang namanya penyakit. Baik itu penyakit dalam ataupun luar. 

Namun dengan mengonsumsi buah mengkudu Anda akan terhindar dari serangan kuman dan bakteri tersebut. karena dalam buah ini mengandung senyawa antrakuionon dan terpana yang bersifat antibakterial. 


7. Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh

Kolesterol dalam tubuh kita pada dasarnya dapat dibagi menjadi 2 macam, yakni kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Apabila kadar LDL lebih tinggi dari HDL, maka Anda akan mudah terserang penyakit berbahaya. Mulai dari stroke sampai dengan serangan jantung. 

Dikutip dari penelitian yang dilakukan di Pakistan – Saudi pada tahun 2011, zat xeronine dan proxeronine dalam buah mengkudu mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. 

Mereka juga menambahkan, untuk mendapatkan manfaat buah mengkudu satu ini kita dapat mengonsumsi air rebusannya secara rutin setiap harinya. 


8. Mencegah kanker

Manfaat buah mengkudu berikutnya adalah mencegah kanker. Penyakit mematikan nomor dua setelah jantung ini mudah sekali menyerang tubuh kita. menariknya lagi sampai sekarang belum ada obat kanker, oleh sebab itu langkah pencegahan haruslah Anda lakukan. 

Menurut para ahli herbalis, buah mengkudu mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi. kandungan antioksidan dalam buah mengkudu inilah yang dipercaya bermanfaat mencegah radikal bebas penyebab munculnya kanker. 


9. Mengobati asam urat

Asam urat tidak boleh kita anggap sepele, meski gejalanya hanya muncul beberapa saat saja tapi jika dibiarkan penyakit tersebut akan menyebabkan gagal ginjal dan bahkan stroke. 

Untuk mengobatinya, Anda dapat mengonsumsi buah pace atau mengkudu secara langsung. buah satu ini mengandung senyawa iridoid tinggi yang mampu menurunkan kadar asam urat dalam diri Anda. 

Selain membantu menurunkan kadar asam urat, kandungan iridoid tersebut juga mampu mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat peradangan sendi yang diakibatkan oleh penumpukan asam urat. 


10. Mengatasi penyakit diabetes 

Sebenarnya sampai sekarang belum ada obat yang pasti untuk penyakit diabetes, namun ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengontrol kadar gula agar tidak terlalu tinggi. sehingga penyakit diabetes tidak akan mengancam. 

Dipercaya manfaat buah mengkudu bagi diabetes sangatlah besar, sebab dalam buah satu ini mengandung senyawa proxeronine yang mampu mengontrol kadar gula dalam darah tubuh kita. 

Tidak hanya berguna untuk mengontrol kadar gula dalam darah saja, tetapi jika mengonsumsi buah mengkudu secara rutin, penyakit diabetes dapat Anda cegah sejak dini. 


11. Mengobati gondok 

Penyakit gondok dapat muncul disebabkan karena adanya pembengkakan pada bagian kelenjar tiroid. Untuk mengatasinya banyak sekali ahli yang menyarankan agar mengurangi konsumsi garam setiap harinya. 

Selain mengurangi konsumsi garam, Anda juga dapat mengonsumsi buah mengkudu secara rutin. Menurut penelitian, buah satu ini akan membantu mengurangi pembengkakan yang ada dalam kelenjar tiroid secara bertahap. 



Itulah beberapa manfaat buah mengkudu yang sangat baik untuk kesehatan anda. 




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Mengkudu Yang Sangat Cocok Untuk Kesehatan Anda"

Post a Comment