Cara Mengobati Telinga Gatal Serta Penyebabnya

Menyembuhkan telinga gatal memang perlu dilakukan, karena Anda tentu tak mau aktivitas keseharian Anda akhirnya terganggu karena masalah ini. Sudah bukan rahasia umum lagi apabila berkaitan dengan masalah kesehatan telinga dan hidung, semua masalah yang terjadi harus diselesaikan sesegera mungkin, Anda jangan menundanya.


Cara Mengobati Telinga Gatal Serta Penyebabnya


Apabila ditunda terus, pada akhirnya kondisi kesehatan dapat menjadi bertambah parah. Telinga gatal itu merupakan tanda bahwa banyak akumulasi dari kotoran telinga yang menumpuk di bagian dalam telinga Anda, mungkin dari luar memang tak terlalu terlihat.


Untuk beberapa orang, mungkin saja kondisi ini juga gejala awal terjadinya infeksi telinga. Apabila memang ini yang akan terjadi, Anda harus waspada. Di kesempatan postingan kali ini, Anda akan diajak mengenali bagaimana sebenarnya cara untuk menghilangkan gatal yang mengganggu di telinga secara terus menerus, juga apa sebenarnya faktor penyebab mengapa gangguan tersebut dapat muncul.


Penyebab Telinga Gatal 


Kotoran telinga yang mengering akan membuat telinga gatal. Teteskan sedikit minyak zaitun untuk melembutkan kotoran telinga yang kering itu. 

Infeksi di luar telinga seperti swimmer’s ear menimbulkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Air terperangkap di dalam telinga. Gunakan antiseptik tetes untuk meredakan gatal akibat swimmer’s ear.
Penyebab telinga gatal lainnya adalah banyaknya kotoran seperti lilin di dalam telinga. Memakai obat khusus untuk membersihkan kotoran ini sangat disarankan. 

Alergi bisa menjadi penyebab dari telinga gatal. Untuk meredakan gatal akibat energi, Anda bisa mengkonsumsi antihistamin. 

Perhatikan apakah ada serangga kecil yang masuk ke dalam telinga? Hal ini bisa menyebabkan telinga menjadi gatal-gatal. Membersihkan telinga dengan air hangat mungkin bisa mengobati kondisi ini. 

Membersihkan telinga menggunakan cotton bud atau peniti bis amenimbulkan gatal di telinga.
Penggunaan alat bantu pendengaran juga bisa menyebabkan telinga menjadi gatal apalagi jika alat itu tidak dipakai dengan tepat di telinga. 

Kondisi kulit seperti eczema, alergi dermatitis dan psotiasis tidak hanya akan menimbulkan kulit kering yang gatal tetapi juga memberi dampak pada telinga. Krim steroid akan membantu meredakan rasa gatal akibat kondisi kulit ini. 

Ada kondisi psikologis yang juga menjadi penyebab telinga gatal seperti stres, trauma atau depresi.


Anda dapat meringankan saluran telinga gatal dengan beberapa solusi sederhana dan efektif. Setelah mengidentifikasi penyebabnya, Anda dapat mencoba beberapa solusi yang tepat dari pilihan di bawah ini.

1. Cara Mengobati Telinga Gatal dengan Minyak Hangat

Alih-alih memasukkan apa pun di telinga Anda untuk meringankan gatal, lebih baik gunakan saja  beberapa tetes minyak hangat. Anda dapat membuat obat tetes telinga buatan sendiri dengan menggunakan minyak zaitun, minyak mineral, atau minyak sayur yang dihangatkan. Ujilah dengan menetes pertama di bagian dalam pergelangan tangan Anda untuk memastikan minyak tidak terlalu panas untuk membakar kulit Anda.

2. Cara Mengobati Telinga Gatal dengan Campuran Alkohol dan Air

Anda dapat meringankan rasa gatal pada saluran telinga Anda dengan menyemprotkan air yang dicampur dengan alkohol. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan spuit (alat suntik tanpa jarum). Ini merupakan formula obat tetes telinga yang baik karena membantu menyiram puing-puing dan menghilangkan kotoran di telinga. Pastikan untuk membuang cairan dalam telinga setelah beberapa menit.

3. Cara Mengobati Telinga Gatal dengan Membersihkan Kotoran Telinga

Meskipun zat lilin memiliki peranan yang penting, namun terlalu banyak zat lilin atau kotoran telinga dapat menyebabkan gatal-gatal dan rasa sakit. Jangan memasukkan apa pun di telinga untuk membersihkan kotoran telinga. Lakukanlah tips mudah membersihkan kotoran telinga yang telah kami tulis sebelumnya.

4. Cara Mengobati Telinga Gatal dengan Menghindari Kelembaban

Anda perlu menjaga telinga agar kering untuk meringankan telinga gatal. Jika sesuatu hal mengharuskan Anda untuk rajin berenang, maka selalu gunakanlah topi renang sehingga meminimalisir cairan yang masuk ke dalam telinga. Keringkan telinga setelah mandi dengan memiringkan kepala dan membersihkannya dengan handuk.

5. Tips Tambahan Mengatasi Telinga Gatal

Menyingkirkan benda apapun yang menyebabkan reaksi alergi ketika menempel pada telinga, seperti anting-anting, penutup telinga, dll. Mengambil obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen atau parasetamol untuk mengurangi rasa sakit telinga. Jangan pergi berenang sampai infeksi atau telinga gatal telah benar-benar sembuh dengan sendirinya


Semoga bermanfaat, Good Luck!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengobati Telinga Gatal Serta Penyebabnya"

Post a Comment