Manfaat Dan Efek Samping Cabai Yang Belum Pernah Anda Ketahui


Mendengar kata cabai pasti langsung terlintas dipikiran kita tentang rasa yang pedas dari tumbuhan yang satu ini,Manfaat cabai sebagai bumbu masak memang begitu penting,Bagi sebagian orang yang menyukai pedas,Menyantap makanan tanpa adanya cabai dirasa kurang pas dan sedap.Cabai juga berkhasiat untuk menambah nafsu makan.
Manfaat Dan Efek Samping Cabai Yang Belum Pernah Anda Ketahui


Tumbuhan cabai bisa digolongkan kedalam jenis buah-buahan atau juga rempah,tergantung bagai maka kita mengolahnya,Tanaman dengan nama ilmiah genus capsicum memiliki beberapa jenis,Dari cabai merah besar,cabai merah keriting dan juga cabai rawit hijau.

Keseluruhan jenis cabai tersebut selain kaya manfaat dan khasiat juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi,Di indonesia pada musim-musim tertentu seperti hari raya lebaran harga cabai bisa dipastikan melambung tinggi,Ibu-ibu pasti sudah paham akan hal ini.Memang cukup memusingkan tapi bagi pencinta cabai hal itu terkadang tidak masalah.

Kita bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam cabai,Dalam skala kecil menanam cabai tidaklah begitu sulit,Kita membutuhkan media tanam seperti pot agar cabai bisa tumbuh dengan baik.Sebelum itu ada baiknya ketahui dahulu cara menymai bibit cabai agar bisa di tanam.dengan cara ini kita bisa sedikit menghemat pengeluaran bulanan untuk membeli cabai.

Diketahui jika cabai kaya akan protein dari 100 gram cabai bisa kita dapatkan 1 hingga 2 gram protein didalam nya,Selain itu cabai mentah dan matang sangat kaya vitamin dan mineral seperti vitamin C,E,K dan D juga sejumlah zat besi,mangan,folat,kalium,thiamin dan juga sumber antioksidan aktif yang dibutuhkan tubuh.

Dilihat dari sumber vitamin dan mineral pada cabai,Berikut manfaat cabai untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan jika di konsumsi dalam takaran yang wajar.

Manfaat cabai untuk kesehatan


Manfaat Dan Efek Samping Cabai Yang Belum Pernah Anda Ketahui



1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Di dalam cabai di temukan mineral karoten yang begitu berlimpah,Karoten ini sama halnya dengan pro vitamin A yang kuat,Kemampuannya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dari dalam,Di tambah lagi unsur vitamin C yang anda menjadikan cabai sebagai tumbuhan yang berkhasiat untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan sistem imun tubuh.


2. Baik untuk kesehatan mata

Dalam prosesnya jika rutin konsumsi cabai memberikan efek positif bagi kesehatan mata,Yang berhubungan langsung terhadap pencegahan degenerasi makula dan rabun senja pada orang yang sudah lanjut usia.Secara tidak langsung dan tanpa kita sadari saat kita mengkonsumsi cabai artinya kita sudah mencukupi akan kebutuhan vitamin A 9 persen dari kebutuhan harian.


3. Sumber protein untuk tubuh

Seperti yang dijelaskan diatas,100 gram cabai bisa kita dapatkan setidaknya 2 gram protein,Yang mana protein ini mampu memberikan efek terhadap aliran darah dan oksigen di seluruh tubuh,Protein juga berguna untuk mempertahankan masa otot,tulang dan juga sistem saraf pusat.


4. Pencegah penyakit Alzheimer

Diketahui juga jika sumber vitamin D yang ada pada cabai sama halnya dengan yang ada pada susu kedelai dan juga ikan,Vitamin D ini berkemampuan khusus untuk mencegah penyakit Alzheimer,masalah pada tulang dan juga pencegah kanker.


5. Mencegah anemia

Dalam beberapa kasus,Anemia bisa terjadi karena tubuh kekurangan zat besi,Pada manfaat buah cabai yang satu ini mineral zat besi bisa kita temukan cukup banyak didalam ya,Secara tidak langsung konsumsi cabai dapat meningkatkan produksi hemoglobin didalam tubuh sehingga mampu mencegah penyakit anemia atau kurang darah,Penyakit ini ditandai dengan gejala tubuh yang lemas,kurangnya nafsu makan dan juga pusing-pusing.


6. Membantu Pencernaan

Salah satu manfaat cabe rawit yang cukup dikenal adalah kemampuannya dalam melancarkan proses pencernaan. Cabe rawit membantu menstimulasi sistem pencernaan, meningkatkan arus produksi enzim dan asam lambung. Hal ini membantu tubuh dalam proses metabolisasi makanan (dan racun). Serbuk cabe juga sangat membantu dalam mengeluarkan gas dalam tubuh. Serbuk cabe membantu menstimulasi gerakan peristaltic perut, sehingga membantu proses asimilasi dan eliminasi.


7. Anti Inflamasi

Manfaat anti inflamasi dari cabe rawit menjadikannya sebagai herbal yang baik untuk arthritis, diabetes, psoriasis, dan kerusakan syaraf yang berhubungan dengan herpes.


8. Membantu Produksi Air Liur

Cabe rawit memberikan stimulan dalam membantu produksi air liur, kunci penting dalam pencernaan yang baik dan menjaga kesehatan mulut yang optimal.


9. Bermanfaat bagi Pembekuan Darah

Serbuk cabe rawit juga membantu mengurangi atherosclerosis, mendukung aktivitas fibrinolytic, dan mencegah gejala-gejala yang menyebabkan terjadinya pembekuan darah, yang dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.


10. Meredakan Nyeri Sendi

Sangat kaya akan cairan yang disebut capsaicin, cabe rawit memberikan reaksi yang menyebabkan munculnya rasa sakit sementara pada kulit, yang mengirim pesan kimiawi dari kulit ke sendi, sehingga mampu meredakan nyeri pada sendi.


Efek Samping Mengkonsumsi Cabai

Beberapa obat atau penyakit dapat mengakibatkan gejala berat ketika berkombinasi dengan produk cabe. Misalnya, orang yang memakai aspirin, angiotensin atau pengencer darah harus menghindari segala bentuk produk cabai. Juga, pasien yang memakai teofilin asma harus menghindari menggunakan cabai merah karena akan meningkatkan risiko keracunan.
Ibu hamil juga harus menghindari penggunaan cabai merah yang berlebihan. Beberapa studi ilmiah telah menemukan bahwa cabe dapat meningkatkan kemungkinan kelahiran prematur. Jadi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi produk cabai.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa cabai memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat cabe untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Dan Efek Samping Cabai Yang Belum Pernah Anda Ketahui"

Post a Comment