9 Manfaat Buah Murbei Yang Sangat Jarang Anda Ketahui


Buah murbei atau mulberry merupakan buah buahan yang memiliki rasa yang manis dan juga bergizi, yang membuatnya menjadi buah favorit bagi banyak orang di seluruh dunia. Dan pada artikel ini, akan dibahas mengenai berbagai manfaat buah murbei untuk kesehatan yang mungkin akan membuat Anda untuk lebih menyukai buah mulberry ini.


9 Manfaat Buah Murbei Yang Sangat Jarang Anda Ketahui


Pada dasarnya, pohon murbei ini terkenal karena bagian daunnya yang biasa digunakan sebagai makanan ulat sutra, terutama di Asia dan Amerika Utara, karena daun murbei merupakan satu-satunya yang bisa dimakan oleh ulat sutra. Dalam dunia kuliner sendiri, buah murbei dapat diolah menjadi selai, jeli, kue, teh, dan masih banyak lagi.

Kandungan Gizi

Berdasarkan organicfacts, buah murbei mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh manusia, hal ini termasuk zat besi, riboflavin, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalium, fosfor, kalsium, serta sejumlah besar serat dan berbagai senyawa organik, seperti fitonutrien, zea-xanthin, reveratrol, anthocyanin, lutein, dan berbagai senyawa polifenol lainnya.


MANFAAT BUAH MURBEI


9 Manfaat Buah Murbei Yang Sangat Jarang Anda Ketahui



1. Kesehatan Pencernaan

Seperti kebanyakan buah-buahan dan sayuran, murbei juga mengandung serat. Serat dapat membantu Anda dalam meningkatkan kesehatan pencernaan yang lebih baik. Dengan begitu dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan dan mencegah timbulnya masalah seperti sembelit.

2. Membantu Mempercepat Pemulihan

Jus buah murbei sangat bermanfaat bagi pasien pasca operasi. Hal ini dapat mempercepat proses penyembuhan, meningkatkan sirkulasi darah, dan mencegah terjadinya infeksi. Selain itu, buah murbei juga dapat digunakan untuk membantu Anda dalam mempercepat pemulihan setelah masa melahirkan.

3. Mengontrol Gula Darah

Murbei atau mulberry mengandung beberapa senyawa yang dapat membantu dalam menyeimbangkan dan mengontrol gula darah pada penderita diabetes. Kehadiran flavonoid dalam murbei dapat mencegah kenaikan dan penurunan kadar gula yang tidak menentu pada penderita diabetes. Sehingga sangat efektif untuk mencegah terjadinya komplikasi pada penderita diabetes yang disebabkan karena lonjakan gula darah.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi buah murbei dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Dimana hal ini dapat memperkuat sistem saraf dan mengurangi kolesterol jahat sehingga mencegah terjadinya penyumbatan di aliran darah. Dengan begitu, murbei menjadi sangat efektif dalam mencegah serangan jantung dan stroke.

5. Meningkatkan Penglihatan Mata

Dengan mengkonsumsi segelas jus murbei secara rutin juga dapat meningkatkan penglihatan pada mata. Hal ini dikarenakan murbei mengandung vitamin A yang dapat memperkuat pandangan mata dan mengurangi ketegangan pada mata.

Hal tersebut tentu sangat ideal untuk Anda yang menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer untuk bekerja. Selain itu juga dapat melindungi mata dari radikal bebas, yang menjadi penyebab gangguan penglihatan dan degenerasi pada retina.

6. Mencegah Risiko Kanker

Selama ratusan tahun, buah murbei telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional Cina sebagai obat dalam melawan kanker. Hal tersebut pun memiliki dasar ilmiah, dimana penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa antioksidan yang terkandung dalam murbei dapat menurunkan stres oksidatif, sehingga berpotensi mengurangi risiko kanker.

7. Awet Muda

Kaya dengan antioksidan menjadikan buah murbei layak dikonsumsi jika ingin tetap awet muda. Antioksidan dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang mampu merusak kesehatan tubuh. Selain itu, antioksidan pada buah murbei mampu mencegah terjadinya penuaan dini karena dapat berfungsi sebagai agen anti penuaan.

8. Mengatur kadar gula 

Penderita diabetes pada umumnya mengalami kenaikan dan penurunan kadar gula yang tidak teratur setiap saat. Hal inilah yang menyebabkan kenapa penderita diabetes cenderung mengalami komplikasi. Murbei telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat Cina untuk mengatasi diabetes.

Murbei mengandung senyawa yang bersifat seperti insulin, sehingga membantu untuk menjaga kadar gula. Namun bagian yang dimanfaatkan untuk memperoleh manfaat ini bukanbuahnya, melainkan daun dari tanaman murbei. Hal ini telah diteliti di Jepang dan telah dibuktikan bahwa daun murbei mampu menghambat penyebab diabetes.

9. Meningkatkan imunitas

Musim pancaroba tentunya akan membuat daya tahan tubuh kita menurun sehingga kita akan mudah terserang penyakit seperti flu. Buah murbei yang kaya akan vitamin C mampu menjadi asupan yang meningkatkan imunitas sehingga kekebalan tubuh akan meningkat dan terhindar dari penyakit seperti flu



9 Manfaat Buah Murbei Yang Sangat Jarang Anda Ketahui



Efek Samping dibalik Manfaat Buah Murbei

Selain manfaat yang diberikan, sebenarnya buah murbei juga memiliki efek samping jika di konsumsi disaat yang tidak tepat. Jangan mengkonsumsi buah murbei jika sedang mengkonsumsi asupan berkarbohidrat, karena buah murbei menghambat penyerapan karbohidrat.

Selain itu, buah murbei memang sangat baik untuk kesehatan kulit. Hal tersebutlah yang dijadikan alasan mengapa banyak produk perawatan kulit yang mulai dicampurkan dengan ekstrak murbei, namun terdapat penelitian yang melihat bahaya di dalam buah murbei.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Manfaat Buah Murbei Yang Sangat Jarang Anda Ketahui"

Post a Comment