Tips Mengatasi Insomnia Supaya Tidur Anda Kembali Nyenyak


Bagi sebagian orang, tidur nyenyak merupakan sesuatu yang berharga dan istimewa. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan ada banyak orang yang memiliki gangguan tidur di malam hari, yakni insomnia. Tak jarang diantara mereka telah mencoba berbagai cara untuk mengatasi insomnia, namun hasilnya nihil. Anda tidak usah khawatir akan hal itu, karena disini akan kami bahas tentang penyebab, gejala, dan cara mengatasi insomnia. Untuk mendapatkan hasil yang tepat, sebaiknya Anda mengetahui berbagai penyebab dan gejala yang muncul ketika mengalami insomnia ini.




Gejala Insomnia

Mungkin saat ini Anda bertanya-tanya, benarkah saya mengalami insomnia? Untuk menjawab pertanyaan ini maka kita harus mengatahui gejala atau ciri-ciri insomnia. Berikut gejala insomnia yang perlu Anda cermati: 

  • Kesulitan untuk mulai tidur, meskipun badan terasa lelah. 
  • Sering terbangun dari tidur. 
  • Setelah terbangun, sulit untuk kembali tidur.
  • Selalu mengonsumsi obat tidur agar mendapatkan tidur yang nyenyak. 
  • Merasa lelah dan kantuk sepanjang hari. 
  • Sulit berkonsentrasi dalam pekerjaan. 


Gejala-gejala tersebut mungkin saja terjadi pada orang normal, tetapi akan segera hilang dalam beberapa hari. Sedangkan pada penderita insomnia, gejala ini sering terjadi dan berlangsung lama.


Penyebab Insomnia

Ada beberapa faktor yang dapat memicu munculnya insomnia pada seseorang, di antaranya:

1. Gangguan Psikis

Beberapa gangguan psikis yang dapat menyebabkan insomnia adalah stres, rasa cemas yang berlebihan, depresi, serta rasa khawatir terhadap suatu masalah yang belum terselesaikan. Kondisi semacam itu biasanya dipicu dengan aktivitas yang sangat padat dan kurang melakukan relaksasi sehingga tubuh terasa tegang. 

2. Gangguan Kesehatan Fisik

Beberapa jenis gangguan fisik juga dapat memicu insomnia, seperti penyakit asma, radang sendi, penyakit jantung, penyakit diabetes, dan beberapa jenis penyakit lainnya. Selain itu, wanita juga sangat rentan terkena insomnia sebagai efek dari gejala menopause yang dialami oleh wanita.

3. Faktor Lingkungan

Tidur di lingkungan yang kurang sesuai sehingga menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman dapat menyebabkan kualitas tidur terganggu. Akibatnya, seseorang juga akan mengalami kesulitan tidur. Selain itu, menyalakan lampu yang terlalu terang juga dapat membuat seseorang sulit tidur. 

4. Faktor Gaya Hidup

Seseorang yang memiliki gaya hidup tidak sehat lebih rentan mengalami insomnia. Seseorang yang tidak menerapkan pola hidup sehat, seperti merokok, sering mengkonsumsi minuman beralkohol, serta mengkonsumsi minuman berkafein adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan insomnia. 

5. Tidur Siang Berlebihan

Tidur siang terlalu sering atau dalam waktu yang terlalu lama dapat mengganggu frekuensi tidur di malam hari. Jika ingin tidur siang maka ada baiknya tidak dilakukan setiap hari, selain itu usahakan agar tidak tidur siang dalam rentan waktu yang terlalu lama.


Tips Mengatasi Insomnia

1. Buat Diri Anda Nyaman 

Buat diri Anda nyaman merupakan salah satu cara mengatasi insomnia.  Pastikan Anda merasa nyaman ketika hendak tidur. Dengan begitu, Anda akan lebih cepat tertidur dan terbebas dari insomnia. Ada beberapa cara untuk membuat diri Anda nyaman, yaitu: Tidur dengan lingkungan atau keadaan kamar yang sepi (tidak berisik). Tidurlah di tempat tidur yang bersih dan nyaman. 

2. Tenangkan Diri Anda 

Saat hendak tidur, Anda harus memiliki lingkungan dan suasana yang tenang dan damai untuk menghilangkan kejenuhan dan kekacauan yang ada di pikiran Anda selama bekerja atau beraktivitas. Anda bisa mendapatkan ketenangan dengan melakukan hal-hal berikut ini: Mendengarkan musik dengan alunan yang tenang (tempo lambat). Matikan semua dering ponsel atau suara lainnya yang dapat membuat Anda terganggu. 

3. Atur Tempat Tidur Anda 

Kondisi kasur atau tempat tidur dapat memengaruhi kualitas tidur Anda. Mungkin hal tersebut terdengar sepele, namun hal tersebut dapat membantu Anda mengatasi insomnia. Tidur di atas kasur yang keras biasanya membuat Anda sulit untuk tidur. Begitu juga, dengan ukuran bantal yang terlalu kecil, sehingga membuat leher dan kepala Anda tidak nyaman dan sulit untuk terlelap. Jadi, atur kualitas tempat tidur Anda untuk mengatasi insomnia, seperti di bawah ini: Pastikan kasur atau tempat tidur yang Anda gunakan empuk dan lembut. Bantal tidur juga harus cukup besar untuk menopang kepala dan leher dengan nyaman.

4. Teknik pernapasan 4-7-8

Teknik pernapasan 4-7-8 diperkenalkan oleh Dr. Andrew Weill dari Arizona. Ia menjelaskan, teknik ini sebenarnya terinspirasi oleh yoga, benar-benar sederhana, tak memakan waktu, tidak memerlukan peralatan, dan dapat dilakukan di mana saja. Teknik ini bertindak sebagai obat penenang saraf alami  dengan cara mengurangi stres dan ketegangan dalam tubuh sehingga membantu orang mengantuk, bahkan tertidur dalam waktu 60 detik. Berikut langkah melakukan teknik pernapasan 4-7-8.


  • Posisikan ujung lidah pada atap mulut, tepat di area gusi di atas gigi Anda.
  • Buang napas cukup kuat melalui mulut hingga terdengar suara “mendesing”.
  • Tutup mulut Anda dan tarik napas lembut melalui hidung dalam 4 hitungan.
  • Tahan napas dan kemudian hitung sampai tujuh.
  • Keluarkan napas melalui mulut Anda dalam satu napas, buat suara mendesing, kali ini selama delapan detik.
  • Tarik napas lagi dan ulangi siklus di atas sebanyak tiga kali.
  • Teknik ini memungkinkan tubuh untuk mengambil lebih banyak oksigen untuk mempromosikan kondisi tenang. Teknik pernapasan 4-7-8 juga dapat membantu Anda bermeditasi dengan mengalihkan perhatian Anda dari stress sehari-hari, sehingga membuat akhirnya membuat tubuh mengantuk.

5. Bayangkan sebuah tempat yang indah

Bayangkan tempat yang ingin Anda kunjungi atau tempat favorit Anda, gunakan pikiran Anda sehingga Anda merasa terbang seperti Superman. Bayangkan tempat yang sudah dikenal atau lokasi eksotis. Pastikan Anda memilih adegan yang menyenangkan yang terkait dengan keingintahuan, kesenangan sederhana atau ketenangan. HIndari membayangkan tempat yang mengingatkan Anda akan rasa sakit atau stres. Terus bayangkan Anda berada di sama sampai Anda merasa nyaman dan mengantuk.

6. Berhitung dengan nomor yang kelipatannya banyak

Latihan ini bertujuan melelahkan pikiran Anda. Awalnya, mungkin akan membuat Anda melek terus-menerus karena berpikir keras. Hitung sampai 200 atau beberapa angka yang menantang pikiran Anda. Ulangi jika Anda mau. Tujuannya untuk menghilangkan pikiran Anda dari sesuatu yang mengganggu dan membosankan. Jika Anda tidak bisa tidur dengan setelah mencoba satu metode penghitungan, beralihlah ke yang lain.

7. Tulis semua hal yang akan Anda lakukan besok hari di atas kertas

Bagi selembar kertas menjadi dua dan buat dua daftar: satu tugas mendesak dan tugas penting. Kemudian kembali tidur. Biasanya setelah melakukan ini Anda akan lebih mudah untuk tidur. Mengapa? Menulis to do list akan membuat Anda merasa seperti lebih siap untuk menghadapi hari esok dan tak perlu khawatir untuk mengingat semua hal yang dilakukan untuk esok hari.

Kiat-kiat ini dilakukan untuk mengatasi masalah insomnia ringan sampai sedang. Bukan untuk mengatasi insomnia serius dan kronis. Jika Anda mengalami susah tidur serius dan kronis, sebaiknya segera temui dokter untuk mendiskusikan hal ini agar segera diobati.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengatasi Insomnia Supaya Tidur Anda Kembali Nyenyak"

Post a Comment