Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Kacang hijau merupakan tanaman jenis polong-polongan (Fabaceae), mengandung gizi / nutrisi yang begitu bermanfaat. Dulunya orang-orang China menggunakan kacang hijau untuk obat-obatan, seperti menurunkan panas dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Hingga sekarang juga, kacang hijau masih sering dimanfaatkan untuk sajian kuliner. Kacang hijau dibuat untuk bermacam-macam makanan olahan, seperti kue, es kacang hijau, onde-onde, bubur kacang hijau, sereal untuk anak, puding dll.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Dan Kecantikan



Kacang hijau mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B kompleks seperti vitamin B1 (tiamin) dan B2 (riboflavin), niacin, dan asam amino.


Manfaat kacang hijau

1. Mengurangi risiko kanker

Kacang hijau termasuk jenis kacang yang memiliki senyawa untuk memerangi infeksi virus. Zat ini berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker tertentu, termasuk sel yang memicu kanker payudara. Zat di dalam kacang hijau juga bermanfaat untuk mencegah terbentuknya sel tumor.

Menurut medicalnewstoday.com, senyawa karsinogenik memicu masalah kanker. Kacang hijau mengandung jumlah tinggi klorofil, yang mampu memblokir efek karsinogenik, yang dihasilkan ketika memanggang daging pada suhu tinggi..

Apabila Anda menyukai makanan yang dipanggang, bahkan hingga cenderung hangus, maka selain konsumsi kacang hijau, pastikan juga Anda dan keluarga rutin konsumsi sayuran hijau untuk mengurangi risiko kanker.

2. Mengobati anemia (kurang darah)

Kacang hijau kaya akan kandungan zat besi, yang sangat bermanfaat untuk para penderita kurang darah. Diantara jenis kacang-kacangan lainnya, kandungan zat besi pada kacang hijau paling tinggi.

3. Menurunkan berat badan

Kacang hijau disarankan dikonsumsi bagi orang yang ingin diet. Hal itu karena kandungan serat tinggi dan rendah lemak di dalam kacang hijau, sehingga kacang hijau dapat diandalkan untuk menurunkan berat badan. Selain itu tetap jangan lupa melakukan aktivitas olahraga secara teratur.

Menurut gethealthygethot.com, dengan kandungan serat yang sangat tinggi, kacang hijau benar-benar membantu untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, yang berarti membuat Anda cenderung untuk konsumsi lebih sedikit kalori.

Serat dari kacang hijau juga membantu mengatur kadar gula darah, mempromosikan kesehatan pencernaan, membuang racun dari dalam tubuh, membersihkan usus Anda dan mencegah kembung.

Kacang hijau juga sangat rendah kalori, membuat kacang hijau sempurna sebagai makanan yang sering dikonsumsi, karena tidak membuat gemuk jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, serta kacang hjau membuat tubuh merasa kenyang.

4. Menurunkan kolesterol

Kacang hijau baik dikonsumsi oleh mereka yang ber-kolesterol tinggi. Dimana makan kacang hijau secara teratur mampu meurunkan kadar kolesterol.

Dengan kandungan kalori yang rendah dan memiliki kandungan lemak tak jenuh, sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kadar kolesterol agar dalam batas normal.

5. Mengatasi diabetes

Kacang hijau memiliki indeks glikemik yang rendah, artinya bahwa kacang hijau sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal itu karena makanan yang memiliki kadar glikemik rendah mampu membuat kadar gula menurun (menjadi normal).

Menurut organicfacts.net, kacang-kacangan ini membantu dalam mengelola dan mengatur gejala diabetes pada banyak pasien. Studi tertentu menunjukkan pengaruh hipoglikemik definitif pada pasien diabetes. Diabetes merupakan sebuah kondisi yang membutuhkan perawatan konstan kadar gula darah (pada tingkat normal), sehingga tubuh mampu melakukan fungsinya dengan normal.

6. Menjaga Kesehatan Mata.

Mata yang sehat adalah dambaan setiap orang. Sangat merepotkan jikalau harus memakai kacamata ataupun lensa kontak. Kandungan vitamin C dalam kacang hijau merupakan anti – oksidan alami yang mampu mempertahankan fleksibilitas retina mata.

7. Meredakan Gangguan Sakit Maag

Siapkan bahan-bahan berupa kacang hijau cukup 1/4 kg saja dan air hangat secukupnya. Caranya kacang hijau harus dijemur sampai kering lalu ditumbuk hingga halus. 

Setelah itu, seduh dengan air hangat beserta satu sendok makan bubuk kacang hijau. Lalu minum secara teratur setiap dari satu kali. 

8. Berguna Bagi Proses Metabolisme

Kadar serat dalam nutrisi kacang hijau ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas pencernaan dengan mempercepat proses metabolisme. Kegunaan lainnya dapat mengurangi tingkat keasaman lambung yang tinggi.

9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh.

Senyawa fitonutrien bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan virus dan bakteri yang berbahaya. Selain itu juga berguna membantu penyerapan nutri menjadi lebih cepat. Penderita demam dapat mengkonsumsi kacang hijau ini supaya panas cepat turun.

10. Meningkatkan Kesuburan Pria.

Kandungan protein dan vitamin E dalam kecambah kacang hijau (tauge) dapat meningkatkan kualitas sperma, kejantanan dan tingkat vitalitas pria. Dengan rutin mengkonsumsinya akan membuat mahligai perkawinan anda semakin berwarna. Inilah resepnya :

Siapkan bahan-bahan berupa 30 gr kacang hijau, 15 gr kucai, 15 gr adas, 15 gr pulosari, 15 gr biji ketumbar, 15 gr biji paria, 15 gr merica, 2 ruas jahe,dan 600 cc air.

Caranya rebus semua bahan (kacang hijau, kucai, adas, pulosari, biji ketumbar, biji paria, merica, dan jahe) dengan 600 cc air. Tunggu hingga larutan menjadi setengahnya (300 cc) lalu minum setelah dingin.


Manfaat Kacang Hijau Untuk Kecantikan


Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Dan Kecantikan



Selain manfaat kacang hijau untuk kesehatan, bahan makanan alami kacang hijau ini juga bisa digunakan dalam proses perawatan kecantikan. Berikut ini cara – cara atau tips bagaimana cara memanfaatkannya supaya mendapatkan penampilan yang lebih cantik dan sehat. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menjaga Kecantikan Wajah.

Siapkan bahan-bahan berikut kacang hijau secukupnya, serta madu, yogurt, minyak zaitun, atau jeruk lemon. Caranya rendam kacang hijau hingga sedikit mengembang, lalu blender hingga halus.

Lalu campurkan dengan bahan berkhasiat lainnya, seperti madu, yogurt, minyak zaitun, atau jeruk lemon. Lalu gunakan masker tersebut pada muka.

2. Mengurangi Rambut Rontok.

Kerontokan rambut adalah momok bagi setiap pria maupun wanita. Bagaimana cara menggunakan bahan alami seperti kacang hijau ini untuk menyuburkan, menumbuhkan, menguatkan dan melebatkan rambut. Berikut ini adalah langkah – langkah praktis untuk melakukannya.

Siapkan bahan-bahan berupa kacang hijau cukup segenggam saja, lalu segelas belimbing air. Caranya kacang hijau direbus dengan segelas belimbing air. Ketika merebus perhatikan agar kacangnya tidak sampai pecah.

Setelah kacang agak matang dan tidak pecah, lalu angkat rebusan tersebut. Setelah dingin, gunakan air rebusan untuk membasahi kulit dengan memberikan sedikit pijat. Biarkan ramuan mengering lalu keramas untuk membersihkannya.

3. Nutrisi Sehat Untuk Kulit.

Mineral copper dalam kandungan kacang hijau merupakan “anti-aging agent” yang sangat kuat. Zat ini memiliki fungsi merangsang produksi elastin, kolagen dan asam hyaluronic yang akan meremajakan kulit serta mencerahkan wajah.

Selain itu juga membantu megurangi keriput , bintik – bintik noda hitam serta garis pada kulit. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kacang hijau secara reguler akan menjaga elastisitas kulit, menghaluskan kulit serta menjadikan kulit awet muda.

Fungsi lainnya adalah mencegah timbulnya jerawat, mengatasi minyak berlebihan pada kulit, mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori – pori kulit. Khasiat kacang hijau ini juga bermanfaat untuk kesehatan kuku anda.



Jadi mulai sekarang sering-seringlah mengkonsumsi kacang hijau yang sudah diolah dengan bermacam pilihan sesuai dengan selera anda, karena dengan sering mengkonsuksi kacang hijau akan membantu kesehatan tubuh serta sangat baik untuk ibu yang sedang hamil, semoga bermanfaat......

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Post a Comment