Bahaya Mie Instan Untuk Kesehatan Anda Dan Tips Memakan Mie Instan


Bahaya mie instan yang mengintai tubuh. Tahukah Kamu bahaya apa saja yang mengintai saat Kamu terlalu sering mengkonsumsi si keriting ini? Terlebih lagi jika mie instan tersebut Kamu konsumsi bersamaan dengan nasi. Resiko mulai dari kegemukan bahkan kematian akan terus mengintai bagi mereka pengkonsumsi mie yang terlampau sering.

Bahaya Mie Instan Untuk Kesehatan Anda Dan Tips Memakan Mie Instan

Mie instan pasti bukan hal yang asing lagi ditelinga kita. Terlebih buat Kamu yang berada jauh dari keluarga dan terlebih lagi pas akhir bulan dompet menipis dan kiriman belum dateng. Iyap, mie instan pasti teman paling setia saat kayak gini.

Bahaya Mie Instan Campur Nasi

Kebiasaan kita yang seringkali mencampur mie instan dengan nasi ternyata bukanlah suatu hal yang menyenangkan dan senikmat rasa mie instan. Resiko yang timbul karena hal ini sangat beragam, Beberapa bahaya mie instan yang dimakan bersamaan dengan nasi antara lain:


1. Potensi terjadinya kegemukan

Sudah diketahui bahwa mie instan dan juga nasi sama-sama mengandung karbohidrat yang tinggi. Jika Kamu terlalu sering mengkonsumsi mie instan yang dicampur dengan nasi maka kalori yang berlebihan itu akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. Hal inilah yang nantinya akan membuat tubuh menjadi gemuk atau obesitas.

2. Resiko terjadi diabetes melitus atau kencing manis

Sudah diketahui pula bahwa karbohidrat yang terkandung dalam mie instan dan juga nasi nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi glukosa atau gula. Gula ini nantinya yang akan di proses oleh insulin yang diproduksi oleh pankreas menjadi sumber tenaga. Jika glukosa terlalu banyak, kerja paankreas untuk memproduksi insulin pun semakin berat. Lama kelamaan pankreas akan aus dan rusak. Setelah pankreas rusak, pankreas tidak akan mampu memproduksi insulin dengan baik. sehingga glukosa akan semakin banyak yang menumpuk didalam tubuh. Hal inilah yang menimbulkan penyakit diabetes ini.

Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

1. Kerusakan hati. 

Mengkonsumsi mie instan yang terlalu sering atau rutin dapat menyebabkan kerusakan hati. Mie Instan mengandung zat berbahaya salah satunya Proplene Glycol yang jelas merusakan dan menganggu kerja hati. 

2.Gagal Ginjal. 

Kandungan Proplene Glycol juga mengundang penyakit lain yaitu merusak kerja ginjal sebagai salah satu organ vital dalam tubuh kita. Penyakit ginjal tersebut berupa penyakit gagal ginjal.
Diabetes. Mie Instan meski memiliki rasa cenderung gurih juga mengandung banyak kandungan gula di mana dapat menyebabkan penyakit Diabetes. Secara tidak langsung kandungan gula tersebut diserap secara baik oleh tubuh kita. 

3.Kencing manis. 

Kandungan gula yang melimpah dalam Mie Instan juga memicu kita terjangkit kencing manis. Bisa saja mencapai Diabetes, bisa juga memang karena kandungan gula keluar dalam air seni. 

4. Meningkatkan kadar kolesterol. 

Makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol bukan hanya makanan bersantan atau aneka makanan laut tetapi ternyata Mie Instan juga menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol karena kandungan garam yang tinggi. 

5. Mengganggu hormon bagi wanita. 

Mie Instan yang dikonsumsi rutin atau berlebihan bagi wanita memberi bahaya tersendiri salah satunya mengangganggu hormon karena Sodium yang terkandung dalam Mie Instan. Hal ini menyebabkan jadwal bulanan seperti menstruasi dapat terganggu hingga menimbulkan jerawat. 

6. Menggangu hormon seks bagi pria. 

Jika bagi wanita menganggu hormon bulanan, bagi pria efek negatif Mie Instan juga berlaku. Mie Instan yang kaya kan zat kimia akan mengganggu hormon pria dalam hal seks di mana mereka tidak dapat mengontrol gairah seks mereka. 

7. Memicu tekanan darah tinggi. 

Pada umumnya tekanan darah seseorang normalnya adalah 130/80. Tetapi Mie Instan akan menaikannya alias memicu tekanan darah tinggi terjadi karena zat kimia berbahaya di dalamnya yang tidak terlihat. 

8. Menurunkan metabolisme. 

Zat kimia di dalam Mie Instan juga dapat menurunkan metabolisme kita. Jangan berpikir Mie Instan dapat memberi energi bagi kita karena sebenarnya Mie Instan hanya akan memberi sedikit energi dan menurunkan kembali metabolisme kita karena zat kimia tersebut. 

9. Menghambat penyerapan nutrisi. 

Tidak sedikit orangtua yang memberi anaknya makanan instan berupa Mie. Karena alasan – alasan khusus seperti masalah waktu ataupun memang sang anak doyan dengan rasa Mie Instan. Padahal Mie Instan sangat tidak baik untuk pertumbuhan anak – anak. Hal ini dikarenakan Mie Instan menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh anak – anak. Apa lagi bagi anak – anak yang masih berusia di bawah 6 tahun.

Tips Sehat Makan Mie Instan

Buat Kamu yang gemar sekali makan mie instan, berikut ada beberapa tips yang bisa Kamu lakukan untuk meminimalisir efek negatif dari mie instan tersebut, diantaranya:

Buang air rebusan pertama mie
Saat merebus mie, buang air yang pertama kali Kamu gunakan untuk merebus. Saat merebus, lapisan lilin yang terkandung dalam mie tersebut sebagian besar akan larut bersama air. Oleh sebab itu saat Kamu merebus mie kuah dari mie tersebut akan berwarna putih kekuningan sepertti warna mie. Hal ini akan membantu meminimalkan banyaknya lilin yang masuk ketubuh kita. Mungkinjuga ini akan berpengaruh sedikit pada cita rasa mie, tapi untuk tubuh yang sehat tidak apa-apakan?

Jika yaang Kamu makan adalah mie goreng, setelah ditiriskan bilas lag dengan air matang. Oh iya, kebiasaan buruk yang sering kita lakukan adalah mengkonsumsi mie yang masih mentah karena dianggap sebagai camilan yang lezat. Selain itu terkadang kita juga sering memasak mie setengah matang.

Mie setengah matang atau bahkan mie mentah justru akan semakin memperberat kerja dari sistem pencernaan kita.

Beri jeda waktu makan
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, lapisan lilin akan habis setelah kurun waktu sekitar 3 hari untuk dikeluarkan oleh tubuh. Maka dari itu sebaiknya Kamu tidak mengkonsumsi mie instan tersebut setiap hari. Beri jeda waktu minimal 3 hari.

Jangan campur bumbu saat dimasak
Saat memasak mie instan, pasti sebagian besar dari Kamu akan langsung mencampur bumbunya saat mie masih mendidih diatas nyala api. Hal ini tentu sangat salah. Dalam bumbu mie instan terdapat zat yang berbahaya jika ikut dimasak.

Campurkan bumbu saat mie sudah diturunkan dari api. Jika Kamu teliti dalam memeriksa, di cara penyajian yang terdapat di bungkus mie pun sudah menunjukkan bahwa bumbu ditaruh di mangkuk baru kemudian di beri mie. Bukan bumbu di masak bersama mie.

Tambahkan Sayuran, daging dan telur
Jika perlu, Kamu dapat menambahkan sayuran, daging atau telur untuk melengkapi kandungan gizi yang ada pada mie instan.

Ada pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobati, Maka jagalah kesehatan anda, sebelum tubuh anda semakin berbahaya akibat makanan-makanan yang kurang baik, setidaknya makanlah secukupnya serta tidak setiap hari mengkonsumsinya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Mie Instan Untuk Kesehatan Anda Dan Tips Memakan Mie Instan"

Post a Comment