Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Alami


Hidung tersumbat bisa dialami oleh siapa saja, tak terkecuali bayi. Ketika orang dewasa yang mengalami hidung tersumbat, tentu bisa mengatasinya sendirian. Namun bagaimana jika terjadi pada anak-anak atau bahkan bayi. Tentu kita sebagai orang tau atau pun keluarga jadi kelimpungan karena anak-anak terutama bayi belum bisa mengutarakan sesuatu dengan baik.

Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Alami


Hidung tersumbat biasa terjadi akibat dari flu dan pilek. Lendir atau biasa kita sebut ingus yang harusnya keluar dari hidung tertahan dan mengendap di hidung menyebabkan kita jadi susah bernapas. Hidung yang tersumbat bisa lubang sebelah saja, bisa juga dua-duanya. Ketika hidung tersumbat sebelah memang kita masih bisa bernapas dengan lubang hidung sebelahnya. Namun ketika hidung yang tersumbat adalah dua-duanya, bagaimana kita akan bernapas?

Bagi Anda yang mengalami hidung tersumbat, mungkin segera membeli obat di apotek. Namun sering-sering meminum obat juga tidak baik bagi tubuh. Ternyata selain mengatasi hidung tersumbat dengan meminum obat, ada cara lain yang lebih mudah dan tidak memerlukan untuk mengatasi hidung tersumbat baik bagi Anda sendiri, anak Anda, maupun bayi Anda.

1Menghiruhirup Uap Air

Dengan cara menghirup uap air, hidung anda terasa lebih lega, karena uap air panas sangat mudah sekali untuk membuat hidung anda yg tersumbat menjadi lebih baik.

2. Matikan AC dan kipas angin

Udara hangat dan lembap adalah cara tercepat untuk mengatasi pilek dan hidung tersumbat. Bernapas di udara yang lembap bisa meredakan radang dan meredakan pembengkakan pembuluh darah dalam hidung, juga mengencerkan lendir dalam sinus.

Alternatifnya, Anda bisa lakukan sauna wajah. Caranya, condongkan wajah Anda hingga berada di atas mangkuk berisi air panas, gantungkan handuk di atas kepala Anda sampai membuat tirai yang memerangkap uap dari mangkuk, kemudian hirup uap selama kurang lebih 10 menit. Ulangi 2-3 kali sehari sampai Anda bisa bernapas dengan lega.

3. Minum Banyak Air Hangat

Air hangat bisa membantu mengencerkan lendir di saluran hidung dan meredakan nyeri akibat hidung tersumbat. Untuk variasi, Anda bisa minum teh jahe, mint, atau teh lemon dan madu hangat yang mengandung agen antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan pernapasan.

4. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih, juga ditemukan dalam banyak salep dan balsem, dapat membantu mengencerkan lendir akibat hidung tersumbat. Caranya condongkan wajah Anda hingga berada di atas mangkuk berisi air panas yang sudah ditambahkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Gantungkan handuk di atas kepala Anda sampai menutupi mangkuk, hirup uap selama kurang lebih 10 menit.

Minyak kayu putih terbukti secara ilmiah sebagai alternatif rumahan yang bisa membunuh beberapa jenis bakteri penyebab hidung tersumbat, seperti infeksi sinus.

5. Semprotan saline

Semprotan saline menyediakan kelembapan ekstra yang dibutuhkan oleh hidung tersumbat. Larutan saline akan mengencerkan lendir dan meredakan radang pembuluh darah dalam hidung.

Semprotan saline dijual bebas di apotek. Beberapa produk semprotan saline juga mengandung obat-obatan dekongestan. Tapi sebelum menggunakan semprotan saline jenis ini, diskusikan terlebih dulu dengan dokter Anda. Semprotan saline yang mengandung dekongestan berisiko membawa efek samping jika digunakan bersama obat-obatan lain, juga bisa memperparah gejala hidung tersumbat jika digunakan lebih dari tiga hari.

6. Kunyah bawang putih

Bawang putih mengandung agen antibakterial dan antijamur yang berguna sebagai penyembuh berbagai masalah kesehatan, termasuk hidung tersumbat akibat demam dan flu.

Temuan dari sebuah studi di Inggris menunjukkan bahwa partisipan yang diberikan suplemen bawang putih selama 12 minggu berturut-turut selama musim flu lebih jarang mengalami flu daripada partisipan yang tidak mengonsumsi suplemen bawang putih.

Mungkin mengunyah bawang putih mentah terdengar menakutkan bagi Anda. Untuk menyiasatinya, tumis 1-2 siung bawang putih dan tambahkan pasta atau sayur-sayuran. Atau, Anda bisa menambahkan beberapa irisan atau tumbukan satu siung bawang putih ke dalam semangkuk air panas untuk menguapi wajah Anda selama 10 menit.

Selamat mencoba!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Alami"

Post a Comment