Penyebab Munculnya Milia Dan Tips Mengatasinya

Milia adalah benjolan kecil yang dapat muncul pada kulit di segala usia, meskipun paling sering ditemukan pada bayi. Milia tidak berbahaya dan hanya mengganggu penampilan. Dalam sebagian besar kasus, milia akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika sampai mengganggu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memacu dan mempercepat proses hilangnya milia. Cobalah beberapa perawatan rumahan atau berkonsultasilah dengan praktisi perawatan kulit profesional untuk mengawali perjalanan Anda menuju kulit yang lebih cerah.


Penyebab Munculnya Milia Dan Tips Mengatasinya



Ciri-Ciri Milia

Milia memiliki ciri khusus yang bisa kamu cermati dari segi bentuk maupun efeknya. Bentuk milia pada umumnya seperti jerawat, yaitu benjolan kecil berwarna putih menyerupai warna mutiara atau putih kekuningan.

Biasanya muncul secara berkelompok di daerah hidung, mata, dahi, kelopak mata, pipi, dan dada. Jika hanya terdapat satu benjolan, maka istilah yang digunakan adalah milium.


Penyebab Milia

Milia yang muncul pada sebagian besar bayi dan orang dewasa disebabkan karena kulit tidak terkelupas dengan baik. Sebuah milium dapat berbentuk akibat adanya protein, bernama keratin yang terperangkap di dalam kalenjar pilosebasea pada lapisan dermis kulit.

Penyebab lain bisa dipengaruhi oleh terlalu banyak terpapar sinar matahari. Kulit yang terpapar sinar matahari terlalu sering dapat menyebaban gangguan pada kelenjar pilosebasea sehingga memicu munculnya milia.


Milia Dapat Sembuh Dengan Sendirinya

Jika mengalami milia, tak perlu khawatir. Milia bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan dan tidak berbahaya bagi penderitanya.

Namun bagi penderita milia yang perlu penangan khusus, milia dapat dihilangkan menggunakan jarum bersih untuk mengeluarkan isinya. Tapi tidak disarankan kamu melakukannya sendiri karena dapat menyebabkan luka parut, kerusakan pada kulit, atau infeksi. Atau kamu dapat melakukan metode peeling dan cryotherapy yang menggunakan nitrogen cair untuk menghancurkan milia.

Tips Mencegah Milia

Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Sebelum terlambat, kamu bisa kok mencegah munculnya milia pada kulitmu. Pertama, biasakan diri untuk membersihkan wajah dengan bersih. Jika masih anak-anak, cucilah wajah minimal sekali sehari, sementara remaja atau orang dewasa harus mencuci wajah dua kali sehari.

Pertama bersihkan wajahmu dengan pembersih wajah yang dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati secara optimal. 

Kedua jangan lupa untuk menggunakan pelembap. Pelembap akan mengurangi penumpukan sel-sel kulit mati di bawah kulit dan mengelupas kulit untuk melepaskan sel-sel mati yang sudah terakumulasi. Pastikan kamu tidak menggaruk milia. Sebab menggaruk dengan kasar justru dapat menyebabkan rasa sakit atau kerusakan pada kulit.

Ketiga usahakan tidak terkena sinar matahari. Maka kenakan topi saat diluar ruangan dan sunscreen sebelum beraktivitas! Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, milia dapat disebabkan oleh pancaran sinar matahari. Pilihlah tabir surya yang lembut bebas minyak.

Tabir surya yang ringan dapat memberikan perlindungan dari matahari tanpa menyumbat pori-pori merata pada kulitmu. Sebab tabir surya yang berat dan berminyak justru akan menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan munculnya milia.

Keempat hindari memakai riasan wajah yang terlalu berat. Jika kamu ingin menyembunyikan milia dengan menggunakan riasa wajah, sebaiknya urungkan niatmu. Dengan cara itu, milia justru dapat muncul terus menerus dan bertahan di kulitmu.


Tips Mengatasi Milia Dengan Bahan Alami

1. Madu dan Minyak Jojoba

Penyebab Munculnya Milia Dan Tips Mengatasinya


Penggunaan madu dan minyak jojoba sebagai masker mampu membantu Anda menyingkirkan milia. Ambil dua sendok madu dan tambahkan tiga sendok minyak jojoba ke dalamnya. Aduk sampai rata campuran kedua bahan tadi, lalu oleskan ke area yang terkena milia. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bersihkan dengan air. Ulangi penggunaan obat alami ini dua kali dalam sehari untuk menyingkirkan milia dengan mudah dan cepat.


2. Gula dan Lemon

Masker yang terbuat dari campuran antara lemon dan gula juga dapat membantu milia jika mereka masih pada tahap awal atau baru saja muncul. Ambil dua sendok gula pasir dan tambahkan dua sendok air perasan lemon ke dalamnya. Tambahkan juga satu sendok minyak zaitun dan aduk sampai rata. Oleskan masker tadi ke area yang terkena milia lalu pijat untuk beberapa menit. Cuci dengan air dingin setelahnya.


3. Teh hijau dan Lidah buaya

Kedua ramuan alami ini sangat tidak asing dalam dunia perawatan kecantikan. Karena tingginya kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang terkandung dalam teh hijau dan lidah buaya mampu membantu mengatasi masalah milia. Siapkan satu cangkir the hijau dan tambahkan 2 sendok makan gel lidah buaya ke dalamnya. Aduk sampai rata lalu oleskan ke daerah yang terkena milia, lalu diamkan hingga 15 menit dan bersihkan dengan air dingin setelahnya.


4. Masker kentang

Obat alami lain yang tidak kalah luar biasa adalah kentang, tidak hanya dapat membantu mencerahkan kulit secara alami tetapi kentang juga dapat membantu merawat kulit Anda dari milia secara instan. Jus kentang kaya akan sari pati, yang dapat membantu mengurangi benjolan putih secara efektif. Ambil satu buah kentang dan potong menjadi dua bagian. Parut kentang tadi lalu peras sampai mendapatkan airnya. Oleskan ekstrak kentang tadi ke areal yang terkena milia dan tunggu hingga mengering. Kemudian bersihkan dengan air seperti biasa.


Tips-tips diatas akan sangat berguna bagi anda yang ingin sekali cepat-cepat mengatasi milia, supaya percaya diri anda kembali lagi, yang tentunya tidak perlu menutup nutupi milia anda ketika keluar rumah. Selamat mencoba! 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Munculnya Milia Dan Tips Mengatasinya"

Post a Comment