Tips Menjaga Kesehatan Mata Dengan Mudah

Dengan mata, berbagai aktivitas kita dapat dilakukan dengan lebih mudah. Untuk itu, menjaga kesehatan mata harusnya menjadi priorits utama kita. Apalagi jika kita sering bekerja dengan layar digital dalam waktu cukup lama. Praktikkanlah beberapa tips di bawah ini untuk senantiasa menjaga kesehatan mata Anda!Mata adalah jendela dunia. Dengan mata, berbagai aktivitas kita dapat dilakukan dengan lebih mudah. Untuk itu, menjaga kesehatan mata harusnya menjadi priorits utama kita. Apalagi jika kita sering bekerja dengan layar digital dalam waktu cukup lama. Praktikkanlah beberapa tips di bawah ini untuk senantiasa menjaga kesehatan mata Anda!

Tips Menjaga Kesehatan Mata Dengan Mudah


1. Hindari melihat depan layar digital yang terlalu sering

Sering bekerja di depan layar digital dapat membuat mata Anda cepat lelah dan kering. Untuk itu Anda dapat mempraktikkan aturan 20-20-20 yang telah disepakati oleh para ahli sebagai cara untuk menjaga mata tidak terlalu ‘tersiksa’. Setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat ke kejauhan sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. 

2. Gunakan kacamata surya

Radiasi sinar matahari dapat menyebabkan katarak pada mata berkembang lebih cepat. Untuk itu, jika Anda berada di luar ruangan, gunakanlah kacamata surya yang melindungi Anda dari UV-A dan UV-B. Topi atau paying juga dapat membantu melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet. 

3. Makanan sehat untuk mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata Dengan Mudah


Kesehatan mata dipengaruhi oleh kesehatan sel-sel saraf dan juga pembuluh darah. Untuk itu, makanan-makanan yang baik untuk kesehatan aliran darah juga dapat dikonsumsi seperti buah-buahan, sayuran hijau gelap dan gandum.

Makanan tinggi kandungan Zinc seperti kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, daging unggas dapat melindungi mata dari kerusakan karena cahaya. Vitamin A membantu sel-sel penglihatan.

4. Jangan sepelekan keluhan mata

Jangan hiraukan keluhan mata gatal dan merah, atau kelilipan. Tangani dengan tetes mata yang dapat dijual bebas atau dengan membilas mata dengan air bersih. Jangan menggosok-gosok mata jika keluhan terus mengganggu. Kunjungilah dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

5. Jangan melihat cahaya yang terlalu terang secara langsung/tiba-tiba

Tips Menjaga Kesehatan Mata Dengan Mudah

Tanpa cahaya mata tak dapat melihat. Namun akan berbahaya jika mata diperlihatkan dengan cahaya yang terangnya melebihi kekuatan mata. Seperti matahari, sebaiknya jangan melihat matahari sesekali pun disaat hari sedang terik. Tidak apa-apa jika melihat matahari saat hari mendung atau ketika matahari terbenam.

6. Menonton Televisi Jangan Terlalu Dekat

Jarak yang aman untuk menonton televisi kalau tidak salah 2 meter untuk tv ukuran 14 inchi. Untuk layar yang lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh. Nonton layar bioskop pun sebaiknya mengambil kursi yang paling belakang.

7. Jangan membaca di ruangan yang kurang cahaya

Saat anda membaca usahakan cahaya yang ada di ruangan anda tidak terlalu gelap karena akan menyebabkan mata menjadi tegang dan cepat lelah. Jika anda membaca pada malam hari taruhlah lampu dekat dengan buku anda. Sehingga tulisan akan terlihat dengan jelas dan tidak merusak mata.

8. Perbanyak konsumsi wortel

Wortel mengandung banyak beta karoten yang mampu menjaga kesehatan dan kemampuan akomodasi mata. Kandungan beta karoten di dlam worterlberkhasiat untuk meminimalisir resiko degenerasi pada manula.

9. Perbanyak konsumsi sayuran dengan daun hijau tua

Sayuran seperti ini kaya akan lutein dan zeaxanthin, yaitu karotenoid yang dapat mengurangi resiko katarak serta degenerasi daya penglihatan yang disebabkan oleh gangguan pada pusat retina mata. Konsumsi buah-buahan seperti cerry, buah berry karena dapat menangkal radikal bebas dari sinar matahari, polusi dan debu yang menyapa mata.

10. Hindari Debu Dan Polusi

Bagi anda yang sering beraktivitas di jalan raya seperti tukang ojek, polisi, polisi cepek, preman, supir angkot, kurir, dan lain sebagainya sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat mata menjadi katarak.

11. Jangan Mengucek Mata Sembarangan

Tips Menjaga Kesehatan Mata Dengan Mudah

Hindari mengucek mata sembarangan saat gatal karena terkena debu atau kemasukan partikel kecil (kelilipan). Langsung bilas dengan air mengalir. Kebiasaan mengucek mata sembarangan, apalagi dengan jari yang kotor akan mengakibatkan retina tergores, sehingga dapat menimbulkan infeksi yang membahayakan keutuhan struktur mata.

Demikian beberapa tips tentang menjaga mata agar tetap sehat dengan alami yang bisa anda lakukan tanpa menguras uang saku, ada pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobati. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan Mata Dengan Mudah"

Post a Comment